Your browser does not support JavaScript!
Rasa Gatal Di Area Vagina Pasca Berhubungan Intim
Rasa Gatal di Area Vagina Pasca Berhubungan Intim

Rasa gatal di area vagina usai melakukan hubungan intim merupakan masalah cukup penting untuk sebagian besar wanita. Penyebab rasa gatal beragam, mulai dari yang ringan sampai serius.

Beberapa penyebab gatal pada area vagina pasca hubungan intim:


Infeksi Jamur

Jamur merupakan penyakit kulit yang dapat menular dari kulit ke kulit, yang bisa menjadi salah satu penyebab rasa gatal di area vagina pasca berhubungan intim. 

Hal ini bisa saja disebabkan oleh pasanganmu yang memiliki jamur di sekitar area intimnya. 

Alergi sperma

Meski tak banyak terjadi, namun memiliki alergi terhadap sperma merupakan hal yang dapat dialami oleh sebagian wanita. Gejala dari alergi sperma atau juga dikenal dengan istilah Seminal Plasma Hypersensitivity dapat timbul sekitar 30 menit setelah melakukan hubungan intim. 

Gejala yang timbul antara lain:

  • Kemerahan
  • Pembengkakan
  • Rasa terbakar

Infeksi vagina

Kerap disamakan dengan infeksi akibat jamur, infeksi vagina bisa terjadi karena kurang bersihnya area vagina sebagai faktor utamanya. Bakteri vagina atau disebut juga sebagai bacterial vaginosis adalah kondisi ketika area vagina terdapat terlalu banyak bakteri. 

Bacterial vaginosis juga dapat disebabkan oleh hubungan intim yang dilakukan secara bebas tanpa adanya penggunaan pengaman. 

Alergi lateks

Penyebab lain yang membuat area vagina gatal adalah adanya alergi terhadap lateks. Jika kamu menggunakan kondom sebagai pengaman dan merasa gatal setelah menggunakannya, bisa jadi kamu alergi terhadap bahan lateks yang digunakan pada produk kondom tersebut. 

Infeksi seksual menular

Golongan penyakit yang masuk dalam kategori Infeksi Seksual Menular antara lain:

  • Trikomoniasis adalah infeksi menular yang disebabkan oleh parasit. Tak hanya merasa gatal, Trikomoniasis pun berikan gejala lain seperti keluarnya cairan dengan bau yang tak sedap. 

  • Klamidia atau Chlamydia merupakan infeksi seksual menular yang paling umum menyerang wanita muda. Meski banyak menyerang wanita muda, pria pun dapat terjangkit infeksi ini. 

  • Gonore atau kerap dikenal dengan istilah kencing nanah menjadi penyakit seksual menular yang cukup popular lantaran memiliki gejala yang cukup menyeramkan. 

  • Herpes Genital, biasanya memiliki gejala mulai dari gatal hingga munculnya luka pada area kelamin. 

Jika rasa gatal terus menetap selama lebih dari 2 minggu, ada baiknya kamu menemui dokter kulit untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Semoga bermanfaat!

Edwin Suryana
Sep 20  -  3 min read