Your browser does not support JavaScript!
Produk Perawatan Mahal Baik Untuk Kulit? Ini Mitos Atau Fakta? Ketahui Mitos Dan Fakta Mengenai Kulit Yang Lebih Lengkap Ini
Produk Perawatan Mahal Baik Untuk Kulit? Ini Mitos Atau Fakta? Ketahui Mitos Dan Fakta Mengenai Kulit Yang Lebih Lengkap Ini

Melakukan perawatan kulit dengan baik akan membuat kulit Anda menjadi lebih sehat. Namun untuk mencapai semua itu, Anda harus sadar dan tahu mengenai mitos dan fakta mengenai kulit.

Membahas soal mitos mungkin Anda sering mendengar beberapa perawatan kulit seperti apakah stres membuat keriput dan beberapa mitos mengenai kulit lainnya. Daripada mitos tersebut membuat Anda salah dalam merawat wajah ada baiknya Anda membaca ulasan dibawah ini:

Dalam artikel ini Anda akan mengetahui mitos dan fakta mengenai kulit yang akan membuat kulit Anda semakin indah.

Berikut adalah pembahasannya:

1.      Mitos atau fakta: Junk Food, karbohidrat, makanan berminyak, coklat, makanan manis dan gorengan menyebabkan wajah jerawatan

Jawabannya adalah fakta. Makanan yang memiliki gula tinggi akan meningkatkan kadar insulin dalam tubuh, sehingga hormon dan protein dalam tubuh berubah sehingga timbullah jerawat.

Selain itu makanan yang mengandung gula tinggi menjadi makanan untuk bakteri penyebab jerawat.

2.      Mitos atau fakta: Jangan menggunakan moisturizer apabila Anda mempunyai wajah berminyak dan berjerawat

Jawaban: itu mitos. Kulit berminyak sekalipun juga membutuhkan moisturizer karena minyak bukanlah moisturizer. Jadi wajah yang berminyak juga tetap membutuhkan pelembab. Namun untuk Anda yang memiliki wajah berminyak gunakan pelembab yang bebas minyak dan mengandung formula nonkomedogenik selain itu untuk pelembab sebaiknya dilengkapi dengan bahan-bahan untuk mencegah penuaan dini atau pelindung dari sinar matahari.

Selain itu hindari penggunaan pelembab terlalu banyak di seluruh wajah Anda bila Anda memiliki sulit berminyak, meski Anda menggunakan pelembab non komedogenik tetap bisa menyumbat pori-pori wajah dan menimbulkan jerawat.

3.      Mitos atau fakta: Stres menimbulkan keriput

Jawaban: fakta. Stres dapat memproduksi hormon yang disebut kortisol yang dapat mengganggu produksi kolagen dan melemahkan serat kolagen dan elastin, selain itu menyebabkan kelenjar minyak produksi minyak berlebihan. Hal ini membuat wajah Anda mudah berjerawat dan penyebab munculnya penuaan dini.

4.      Mitos atau fakta: Produk perawatan yang mahal memberikan hasil yang lebih baik

Jawaban: mitos. Banyak produk perawatan yang tidak mahal juga bisa memberikan hasil yang sama baik seperti produk mahal.

Ada banyak bahan aktif untuk kulit seperti retinol pelawan keriput, peptida (protein kecil yang membantu memproduksi kolagen) atau vitamin c sebagai antioksidan juga bisa ada dalam produk perawatan kulit yang tidak mahal.

Jangan membeli produk yang memperhatikan kemasan produk yang cantik, karena yang Anda butuhkan adalah isi dari produk perawatan bukan dari kemasan dan merknya.

5.      Mitos atau fakta: Mencuci wajah dengan sabun yang mengandung butiran scrub dapat membuat wajah Anda lebih sehat dan mencegah jerawat

Jawaban: mitos. Mencuci wajah menggunakan sabun yang mengandung butiran scrub memang membantu mengangkat sel kulit mati dan menghilangkan sisa kotoran. Namun bila Anda terlalu sering mencuci wajah dengan menggunakan sabun yang mengandung butiran scrub dapat mengangkat minyak alami kulit yang berfungsi pelindung kulit Anda.

Jadi bila Anda ingin menggunakan sabun yang mengandung butiran scrub cukup 2x dalam seminggu dan setelahnya jangan lupa menggunakan pelembab. Selain itu jangan menggosok terlalu keras.

6.      Mitos atau fakta: Anda tidak perlu menggunakan tabir surya saat cuaca mendung

Jawabang: Mitos. Meski dalam cuaca mendung, sinar UV dari matahari tetap bisa sampai kebumi. Oleh karena itu, sebelum Anda memutuskan untuk keluar rumah tetap gunakan tabir surya meski cuaca sedang mendung.

Gunakan tabir surya yang dilengkapi dengan SPF minimal 30/ Jangan percaya dengan mitos yang mengatakan cukup menggunakan make-up yang mengandung SPF. Tetap gunakan tabir surya yang mengandung SPF. Saat Anda megoleskan tabir surya tunggu selama 15 menit sampau tabir surya meresap di kulit Anda dan mampu melindungi kulit Anda dari sinar UV.

Banyaknya pendapat mengenai perawatan kulit bisa mengacaukan perawatan kulit yang baik, sehingga Anda harus pintar-pintar dalam menerima informasi yang diberikan oleh orang lain.

Baca juga: Kulit Ketiak Hitam? Tidak Lagi

Ingin tahu informasi lebih lanjut mengenai topik ini? Tanya langsung ke dokter Kami di fitur Tanya dokter sekarang

Sumber: naturalbeautytips

Dipo Hartono
Feb 01  -  4 min read