Your browser does not support JavaScript!
Pria Cerdas Punya Sperma Berkualitas
Pria Cerdas Punya Sperma Berkualitas

Kabar baik untuk Anda para sapiosexual (orang yang memiliki ketertarikan dan gairah tinggi terhadap kecerdasan orang lain): menurut The Telegraph, pria dengan IQ tinggi memiliki kandungan sperma lebih sehat.

Penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan dan humor adalah cara paling alami untuk menarik perhatian pasangan hidup. Penelitian ini didukung dengan melibatkan 400 veteran Perang Vietnam.

Melalui sebuah tes mental yang dilakukan secara intens, mereka diminta menyerahkan sampel sperma untuk dianalisis.

Studi yang dilakukan oleh Profesor Geoffrey Miller dari University of New Mexico ini menunjukkan bahwa para narasumber yang mendapatkan nilai tinggi pada sejumlah tes kecerdasan cenderung memiliki kandungan sperma yang lebih sehat. Sebaliknya, mereka yang mendapatkan nilai rendah cenderung memiliki kandungan sperma yang lemah dan "sakit-sakitan".

Hal tersebut juga ditemukan dalam dalam temuan lain yang dimuat jurnal Intelligence. Peneliti dari Institute of Psychiatry di Inggris mengatakan bahwa pria dengan kecerdasan yang tinggi cenderung menghasilkan sperma yang berkualitas. Ini menunjukkan hubungan yang dekat antara kecerdasan dan evolusi kesehatan.

Penelitian ini sebenarnya dilakukan sebagai penelitian awal mengenai hubungan antara kecerdasan, kesehatan dan kebugaran secara keseluruhan. Dengan kata lain, peneliti ingin mengetahui kemungkinan untuk bertahan hidup dan bereproduksi dalam kondisi evolusi yang khas.

Sebanyak 400 orang lebih mantan tentara AS diminta menjalani tes kecerdasan dan memberikan sampel air maninya. Para peneliti kemudian menganalisis hubungan antara kecerdasan, kualitas semen (motilitas, konsentrasi, dan jumlah sperma), usia. Termasuk meneliti faktor gaya hidup berupa: obesitas, alkohol, kebiasaan merokok, mengkonsumsi ganja, dan obat keras. Hasilnya, ditemukan bahwa kecerdasan ternyata berkorelasi dengan kualitas air mani.

"Bukan berarti bahwa pria yang lebih suka bermain game selalu memiliki sperma yang buruk. Hubungan yang kami temukan adalah marjinal. Tapi hasil kami mendukung gagasan teoritis bahwa kecerdasan mendukung kebugaran dalam proses evolusi," kata peneliti, Rosalind Arden.

Baca juga: 5 Cara Membuat Sperma Lebih Sehat

Sumber: Liputan6

Dipo Hartono
Jan 07  -  2 min read