Your browser does not support JavaScript!
Pesta Pernikahan Gambarkan Kehidupan Pernikahan Anda Lho!
Pesta Pernikahan Gambarkan Kehidupan Pernikahan Anda Lho!

Pada zaman sekarang ini, bisnis pernikahan tampaknya sedang maju. Pesta pernikahan saat ini tampaknya semakin hari semakin mahal saja, mulai dari biaya fotografer yang cukup tinggi hingga biaya sewa tempat acara yang sangat mahal. Akan tetapi, apakah semua kemewahan tersebut benar-benar diperlukan?

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di the University of Virginia, para peneliti menemukan bahwa semakin mewah dan semakin formal pesta pernikahan sepasang kekasih, maka pasangan tersebut pun cenderung akan hidup lebih bahagia ke depannya dibandingkan dengan pasangan yang hanya melangsungkan sebuah pesta pernikahan sederhana.

Pada penelitian ini, para peneliti mengamati sekitar 418 pasangan suami istri yang baru saja menikah dan menganalisa hubungan antara bagaimana pesta pernikahan mereka dengan kualitas pernikahan mereka.

Hal pertama yang ditemukan oleh para peneliti adalah semakin besar dan mewah pesta pernikahannya, maka pasangan pengantin baru itu pun semakin bahagia. Hampir sebagian pasangan yang mengundang lebih dari 150 orang tamu mengatakan bahwa mereka bahagia dengan kehidupan pernikahan mereka.

Hal ini berbeda dengan pasangan yang melangsungkan pesta pernikahan yang lebih sederhana dengan hanya mengundang sekitar 51-149 orang tamu, di mana hanya sekitar 37% pasangan tersebut mengaku bahagia dengan pernikahannya.

Sementara itu, pada pasangan yang hanya mengundang 50 orang tamu atau kurang pada pesta pernikahannya, para peneliti menemukan bahwa hanya 31% di antara pasangan tersebut yang merasa cukup bahagia dengan pernikahannya.

Selain itu, para peneliti juga menemukan bahwa semakin formal pesta pernikahan yang dilakukan oleh sepasang kekasih, maka mereka pun merasa semakin bahagia seiring dengan berlalunya waktu. Yang dimaksud dengan formal di sini adalah bukan pernikahan yang tak direstui alias kawin lari atau hanya mencatatkan pernikahan di catatan sipil tanpa melangsungkan pesta.

Mengapa demikian? Para peneliti menduga hal ini dikarenakan pasangan kekasih tersebut secara tidak sadar ingin membuktikan bahwa kehidupan pernikahan mereka sama hebat dan romantisnya dengan pesta pernikahan yang telah mereka gelar sebelumnya.

Akan tetapi, bukan berarti Anda harus melangsungkan suatu pesta pernikahan besar dan mewah bila Anda ingin rumah tangga Anda awet. Hal ini dikarenakan adanya beberapa keterbatasan di dalam penelitian ini, diantaranya adalah jumlah peserta penelitian yang kecil dan hasil penelitian ini hanya menemukan adanya hubungan antara pesta pernikahan dan kualitas pernikahan, bukan hubungan sebab akibat.

 

Baca juga: Apa Hubungan Antara Cincin Pertunangan Dengan Kehidupan Pernikahan Anda?

 

Ingin tahu informasi lebih lanjut mengenai topik ini? Tanya langsung ke dokter Kami di fitur Tanya dokter sekarang

 

Sumber: womenshealthmag

Dipo Hartono
Apr 16  -  3 min read