Your browser does not support JavaScript!
Pentingnya Vitamin D Untuk Tubuh
Pentingnya Vitamin D Untuk Tubuh

Halo sahabat setia dokter.Id!, hari ini kita akan membahas tentang Vitamin D, apakah kita tahu bahwa terlepas dari namanya, vitamin D dianggap sebagai pro-hormon dan sebenarnya bukan vitamin. Karena Vitamin adalah nutrisi yang tidak dapat dibuat oleh tubuh dan karenanya harus dikonsumsi melalui makanan kita. Namun, vitamin D dapat disintesis oleh tubuh kita ketika sinar matahari mengenai kulit kita. Diperkirakan bahwa paparan sinar matahari yang masuk akal pada kulit kita selama 5-10 menit 2-3 kali per minggu memungkinkan sebagian besar orang untuk memproduksi vitamin D yang cukup.

Lalu bagaimana Vitamin D bekerja? Pada dasarnya Vitamin D diperlukan untuk pengaturan mineral kalsium dan fosfor yang ditemukan dalam tubuh. Ini juga memainkan peran penting dalam mempertahankan struktur tulang yang tepat.

Paparan sinar matahari adalah cara yang mudah dan andal bagi kebanyakan orang untuk mendapatkan vitamin D. Paparan tangan, wajah, lengan, dan kaki pada sinar matahari dua hingga tiga kali seminggu selama sekitar seperempat dari waktu yang dibutuhkan untuk mengembangkan kulit ringan. sengatan matahari akan menyebabkan kulit menghasilkan cukup vitamin D. Waktu paparan yang diperlukan bervariasi tergantung usia, jenis kulit, musim, waktu, dll.

Sungguh menakjubkan betapa cepatnya kadar vitamin D yang cukup dapat dipulihkan oleh sinar matahari. Lemak tubuh bertindak seperti semacam baterai penyimpanan untuk vitamin D. Selama periode sinar matahari, vitamin D disimpan dalam lemak berlemak dan kemudian dilepaskan ketika sinar matahari hilang. Namun demikian, kekurangan vitamin D lebih umum dari yang kita harapkan. Orang yang tidak mendapatkan cukup sinar matahari, terutama orang yang tinggal di Kanada dan bagian utara AS, sangat beresiko. Kekurangan vitamin D juga terjadi bahkan di iklim yang cerah, mungkin karena orang lebih banyak tinggal di dalam rumah, menutupi ketika berada di luar, atau menggunakan tabir surya secara konsisten akhir-akhir ini untuk mengurangi risiko kanker kulit.

Orang yang lebih tua juga berisiko kekurangan vitamin D. Mereka cenderung menghabiskan waktu di bawah sinar matahari, memiliki lebih sedikit "reseptor" di kulit mereka yang mengubah sinar matahari menjadi vitamin D, mungkin tidak mendapatkan vitamin D dalam makanan mereka, mungkin mengalami kesulitan menyerap vitamin D bahkan jika mereka mendapatkannya dalam makanan mereka , dan mungkin lebih sulit mengubah vitamin D makanan menjadi bentuk yang bermanfaat karena penuaan ginjal. Bahkan, risiko kekurangan vitamin D pada orang di atas 65 tahun sangat tinggi.

Nah sekarang kita yang perlu jadi catatan kita juga adalah, kita perlu mengetahui Penggunaan & Keefektifannya, ternyata Vitamin D, bisa membantu, mencegah ataupun mengobati :

  • Rendahnya kadar fosfat dalam darah karena kelainan bawaan yang disebut familial hypophosphatemia.
  • Kadar fosfat dalam darah rendah karena penyakit yang disebut sindrom Fanconi.
  • Kadar kalsium darah rendah karena kadar hormon paratiroid rendah.
  • Pelunakan tulang (osteomalacia).
  • Psoriasis (penyakit peradangan kronis dan bersifat autoimun, penyakit yang muncul sebagai akibat dari reaksi sistem kekebalan atau sistem imun tubuh) yang terjadi pada kulit yang ditandai dengan bercak putih, perak, atau merah bersisik tebal di berbagai bagian tubuh terutama pada kaki, punggung bawah, lutut, siku, tangan, dan kulit kepala.
  • Kelainan tulang yang disebut osteodistrofi ginjal, yang terjadi pada orang dengan gagal ginjal.
  • Rakhitis (penyakit anak-anak yang disebabkan oleh defisiensi vitamin D, ditandai dengan kalsifikasi yang tidak sempurna, pelunakan, dan distorsi tulang yang biasanya mengakibatkan kaki busur).
  • Keropos tulang pada orang yang memakai obat yang disebut kortikosteroid.
  • Jatuh dengan mengurangi goyangan tubuh dan tekanan darah.
  • Osteoporosis.
  • Gigi berlubang atau kehilangan gigi.
  • Gagal jantung.
  • Keropos tulang yang disebabkan oleh terlalu banyak hormon paratiroid (hiperparatiroidisme).
  • Multiple sclerosis (MS).
  • Infeksi pernapasan.

Berikut adalah rekomendasi asupan vitamin D:

Asupan vitamin D dapat diukur dengan dua cara: dalam mikrogram (mcg) dan Unit Internasional (IU). Satu mikrogram vitamin D sama dengan 40 IU vitamin D. Asupan vitamin D yang direkomendasikan sepanjang hidup diperbarui oleh Institut Kedokteran AS (IOM) pada 2010 dan saat ini ditetapkan di:

  • Bayi 0-12 bulan - 400 IU (10 mcg).
  • Anak-anak 1-18 tahun - 600 IU (15 mcg).
  • Dewasa hingga usia 70 - 600 IU (15 mcg).
  • Dewasa lebih dari 70 - 800 IU (20 mcg).
  • Wanita hamil atau menyusui - 600 IU (15 mcg).

Well, sahabat setia Dokter.ID, setelah kita semua mengetahui betapa pentingnya vitamin D, jangan sampai kekurangan vitamin ini yah, kalau kita ada mengalami penyakit-penyakit di atas, ada baiknya segera konsultasikan dengan dokter.

Sumber : www.webmd.com, www.medicalnewstoday.com.

Dipo Hartono
Nov 20  -  4 min read