Your browser does not support JavaScript!
Penderita Maag Hindari Makanan Ini Ya!
Penderita Maag Hindari Makanan Ini Ya!

Penyakit maag adalah penyakit yang ditimbulkan karena adanya kelebihan asam yang diproduksi oleh lambung yang menyebabkan iritasi di selaput lendir lambung.

Oleh karena itu, penderita penyakit maag perlu menjaga asupan sehari-hari, karena ada beberapa makanan dan minuman yang dapat memperburuk gejala seperti nyeri, sensasi terbakar, gangguan pencernaan, gas, mual dan muntah. Nah, berikut ini adalah asupan yang harus dihindari jika Anda menderita penyakit maag.

Makanan pedas
Makanan pedas tidak dapat menyebabkan radang perut. Namun, makanan pedas seperti cabai dan bumbu dapat mengiritasi lapisan lambung, sehingga memperparah sakit maag yang ada. Jadi, makanan pedas dan asam dapat memperburuk gejala sakit maag pada beberapa orang.

Kafein
Jika Anda ingin terhindar dari perihnya sakit maag, saatnya untuk mengurangi asupan kopi serta produk berkafein lainnya.

Kopi mengandung kafein dan komponen lain yang dikenal dapat meningkatkan produksi asam lambung. Sebuah studi 2010 oleh American Chemical Society mengidentifikasi dua zat tersebut - katekol dan N-alkanoly-5-hydroxytryptamides yang merangsang produksi asam lambung dalam sel lambung manusia.

Selain itu, kopi cenderung mempercepat proses pengosongan lambung, yang dapat menyebabkan produksi asam lambung meningkat dan akan memperburuk keluhan yang Anda rasakan.

Daging Merah
Kebanyakan daging merah tinggi lemak dan protein dan memakan waktu lebih lama untuk dicerna. Untuk membantu mencernanya, maka diproduksilah asam lambung yang lebih banyak.  Lebih banyak asam lambung di perut dapat mengiritasi lapisan lambung dan memperburuk gejala maag. Daging merah juga bisa melemahkan lapisan usus, yang dapat mempengaruhi proses pencernaan.

Benar-benar hindari daging merah sampai maag Anda tidak bergejala. Ingat, daging merah bukan satu-satunya sumber protein. Anda bisa mendapatkan protein dari sumber lain, seperti ayam dan ikan. Namun, selalu ingat untuk membuang kulit lemak dari ayam sebelum memasaknya.

Minuman berkarbonasi
Setiap jenis minuman berkarbonasi dapat mengiritasi lapisan lambung dan usus kecil, dua area yang umum di mana borok berkembang. Kebanyakan minuman berkarbonasi mengandung asam sitrat sebagai pengawet dan penambah rasa, yang meningkatkan keasaman minuman ini. Jadi, ketika Anda minum minuman tersebut, volume asam lambung dapat meningkat jauh lebih tinggi. Hal ini merupakan kerja normal dari lambung agar dapat berfungsi dengan normal.

Susu dan Produk Susu Lainnya
Susu dan produk susu mengandung tinggi lemak yang dapat memperburuk gejala maag. Protein dalam susu dapat mendorong produksi asam lambung berlebih yang dapat membuat maag buruk.

Selain itu minum susu pada saat perut penuh akan menimbulkan gejala yang lumayan mengganggu. Selain susu, keju yang rasanya kuat, krim dan buttermilk juga harus dihindari.

Garam dan makanan asin
Asupan garam yang tinggi terkait dengan risiko yang lebih tinggi dari sakit maag. Anda harus menghindari menambahkan garam ke makanan di piring Anda dan melihat label makanan sehingga Anda dapat memilih yang rendah sodium.  Asupan garam yang tinggi juga dapat membuat obat yang digunakan untuk mengobati sakit maag menjadi kurang efektif.

Cobalah untuk menghindari makanan yang tinggi garam, seperti cornflake, keju, bacon dan daging asin lainnya, kacang asin, jagung dan keripik kentang, sup kaleng dan lain-lain.

Semua makanan diatas harus Anda hindari bila Anda memiliki sakit maag, selain itu Anda bisa makan dalam jumlah banyak namun porsi kecil, hindari stres dan merokok.

Sumber: top10homeremedies

Dipo Hartono
Sep 25  -  3 min read