Your browser does not support JavaScript!
Penderita Gangguan Obsesif Kompulsif Lebih Beresiko Menderita Skizofrenia, Benarkah?
Penderita Gangguan Obsesif Kompulsif Lebih Beresiko Menderita Skizofrenia, Benarkah?

Sebuah penelitian baru menemukan bahwa seorang penderita gangguan obsesif kompulsif memiliki resiko yang lebih tinggi untuk menderita skizofrenia, yaitu hingga 2 kali lipat. Skizofrenia merupakan suatu gangguan jiwa di mana penderitanya biasanya mengalami halusinasi dan atau delusi.

Halusinasi yang paling sering terjadi adalah halusinasi pendengaran, di mana penderita mendengar suara-suara yang berasal dari dalam pikirannya sendiri. Delusi merupakan suatu keyakinan yang kuat mengenai sesuatu hal yang salah, misalnya penderita yakin bahwa dirinya merupakan seorang dewa atau artis terkenal.

Walaupun skizofrenia dan gangguan obsesif kompulsif merupakan dua gangguan jiwa yang berbeda, akan tetapi beberapa penelitian sebelumnya telah menunjukkan adanya hubungan di antara keduanya.

Pada penelitian yang dilakukan di Denmark ini, para peneliti mengamati lebih dari 3 juta orang yang lahir di antara tahun 1955-2006. Para peneliti pun mulai melakukan pengamatan ini mulai dari tahun 1995 hingga tahun 2012.

Para peneliti kemudian menemukan bahwa sekitar 3% dari 16.200 orang yang didiagnosa menderita skizofrenia ternyata telah terlebih dahulu didiagnosa menderita gangguan obsesif kompulsif.

Berbagai data yang diperoleh selama penelitian menunjukkan bahwa seseorang yang telah didiagnosa menderita gangguan obsesif kompulsif memiliki resiko yang lebih tinggi untuk menderita skizofrenia di masa yang akan datang.

Selain itu, para peneliti juga menemukan bahwa anak-anak yang memiliki orang tua yang menderita gangguan obsesif kompulsif juga lebih beresiko untuk menderita skizofrenia di masa yang akan datang.

Masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui apa saja faktor genetika dan lingkungan yang dapat ditemukan pada penderita gangguan obsesif kompulsif dan skizofrenia.

 

Sumber: newsmaxhealth

Editor Dokter.id
Nov 14  -  2 min read