Your browser does not support JavaScript!
Pasangan Depresi, Ini Yang Mereka Ingin Dengar.
Pasangan depresi, ini yang mereka ingin dengar.

Terkadang kita tidak tau harus berkata apa ketika pasangan kita mengalami depresi. Mungkin anda salah satu yang merasa bingung harus bicara apa. Takut salah bicara dan takut salah tingkah membuat anda menjadi bingung sendiri. Belum lagi menolong orang yang depresi. Ketahui bahwa ketika sedang berbicara dengan pasangan yang mengalami depresi, tidak butuh kata-kata khusus atau spesial, hanya butuh menyampaikan niat bahwa kita peduli dan menerima dia apa adanya.

Orang yang mengalami depresi paling sering merasa kesepian biarpun selalu berada diantara banyak orang atau selalu berada dengan pasangan. Hal ini disebabkan perasaan sulit dimengerti dan tidak merasakan bahwa orang lain berempati terhadap dirinya. Riset menunjukkan juga penderita depresi sering menarik diri ketimbang mencari bantuan orang lain. Namun ketika menerima bantuan yang tepat dari orang yang dekat dan kata-kata yang tepat dengan isi hati mereka, penderita cenderung mau membuka diri.

 

 

Ingatkan mereka bahwa anda peduli dan ada untuk mereka.

Depresi membuat seseorang merasa bahwa dia sendirian dan tidak ada orang yang mengerti mereka, atau tidak ada yang peduli dengan mereka dan mau untuk mengerti mereka. Penderita sering kali merasa terisolasi dan meluncur kedalam pikiran yang gelap.

Hal-hal berikut yang sering ingin didengar oleh penderita depresi:

- "Saya ada disini saat kamu perlu, jangan sungkan."

- "Saya tidak mengerti apa yang kamu alami tapi saya mau mencoba mengerti"

- "Bagaimana saya bisa membantu kamu melewati masa-masa ini?"

- "Kamu ingin ditemani hari ini?"

 

 

Ingatkan mereka bahwa mendapatkan bantuan itu penting untuk kesembuhan mereka.

 

Penanganan depresi sangatlah penting dalam membantu penderita untuk sembuh. Iya betul sekali. Kesembuhan itu bukan sesuatu hal yang tidak mungkin. Banyak penderita depresi yang merasa malu, sungkan, atau merasa pesimis untuk mencari bantuan professional padahal konseling sangatlah membantu. Langkah awal adalah membantu mereka untuk keluar dari pikiran mereka sendiri. Anda dapat berkata:

- "Kamu ingin bercerita tentang beban pikiranmu hari ini?"

- "Perasaan yang kamu alami saat ini valid, saya ada disini untuk mendengar"

- "Saat kamu sudah siap untuk bercerita, saya ada disini"

 

Ingatkan mereka bahwa mereka tidak lemah, defektif atau rusak.

Orang yang sedang mengalami depresi sering merasa bahwa diri mereka lemah karena tidak sekuat orang lain yang tidak depresi. Bahkan ada yang merasa bahwa mereka adalah produk defektif atau rusak. Tidak seperti itu ya. Seperti influenza, tiap orang memiliki imunitas yang berbeda dan tingkat kesembuhan yang berbeda. Oleh sebab itu, penderita depresi juga sama. Memiliki coping mechanism yang berbeda dan tingkat kesembuhan yang berbeda, jadi bukan berarti menderita depresi itu adalah lemah, defektif atau rusak ya. Anda dapat berkata:

- "Saya menerima kamu apa adanya"

- "Kamu itu dibuat unik dengan talenta dan masalah yang unik untuk kamu hadapi, bukan berarti aneh ya"

- "Kamu tidak lemah, hanya lagi butuh istirahat lebih aja untuk saat ini"

 

Ingatkan mereka bahwa selalu ada harapan.

Salah satu ciri-ciri penderita depresi adalah tidak melihat harapan dalam kehidupan seharihari. Seolah-olah hidup lebih baik tanpa diri mereka. Ingatkan mereka bahwa ada harapan. Ada harapan untuk sembuh, ada harapan bahwa hari esok adalah hari baru dan semangat baru. Ada harapan untuk kembali semangat dan menjalani hidup yang bermakna. Anda dapat berkata:

- "Iya hari ini susah dan berat, tetapi besok adalah hari baru yang belum memiliki beban"

- "Hari ini kalau kamu tidak sanggup lagi, istirahat dulu ya. Besok kita sambung lagi"

- "Kesembuhan itu hari demi hari, selangkah demi selangkah"

- "Tidak usah kuatir kalo tidak ada progress besar hari ini, besok kita bisa coba lagi"

- "Sampai ketemu besok ya"

 

Ketika orang yang kita sayangi mengalami depresi, sering kali kita ingin memperbaiki, namun hal ini tidak disarankan. Bukan tanggung jawab kita untuk memperbaiki orang tersebut. Penderita depresi lah yang harus mengulurkan tangan mereka untuk membuka diri terhadap bantuan. Jadi ketika kita sudah bicara dan berkata-kata dengan benar namun mereka menolak, jangan jadikan hal tersebut menjadi penghalang untuk membantu orang yang depresi, apalagi dengan orang yang kita cintai. Jangan dibawa perasaan dan mengerti bahwa penderita depresi dapat sering kali menyakiti anda tanpa mereka sadari.

 

Terakhir, orang yang mengalami depresi juga sering kali mengalami perasaan ingin bunuh diri. Apapun yang anda katakan, terkadang tidak membantu. Pastikan untuk selalu mengawasi tanda-tanda ingin bunuh diri atau self-harm dan carilah bantuan professional apabila diperlukan.

Jun 24  -  5 min read