Your browser does not support JavaScript!
Para Ibu Hamil Jangan Depresi, Karena Anak Yang Anda Kandung Akan...
Para Ibu Hamil Jangan Depresi, Karena Anak Yang Anda Kandung Akan...

Sebuah studi baru mengklaim bahwa orang tua yang mengalami depresi akan mempengaruhi prestasi akademik anak-anak. Terutama bila orang tua tersebut mengalami depresi, saat anak-anak berusia 1-4 tahun maka risiko tersebut akan menjadi lebih tinggi.

Penelitian lebih lanjut mengatakan bahwa orang tua yang mengalami depresi orang tua dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak.

Setelah mempelajari perilaku hampir 10 anak, para peneliti memahami bahwa depresi orangtua dapat mempengaruhi studi anak.

Ketika peneliti membandingkan kemampuan akademik anak-anak yang ibunya mengalamii depresi dengan yang anak-anak lain yang ibunya tidak mengalami depresi ternyata anak-anak yang memiliki orang tua yang depresi memiliki kemampuan akademik yang menurun sekitar 4-5% dari rata-rata.

Yang menjadi permasalahan adalah faktor apapun yang menganggu kemampuan akademik saat anak-anak akan mempengaruhi kemampuan akademiknya dalam jangka panjang sehingga saat anak tumbuh dewasa, dia akan terus mengalami penurunan kemampuan akademik yang membuatnya sulit melewati rintangan hidupnya.

Penelitian ini juga mengatakan bahwa bila yang mengalami depresi adalah ayah dan ibu maka akan berefek pada anak laki-lakinya.

Depresi adalah keadaan dimana seseorang merasa bersedih tanpa alasan dan malas untuk melakukan apapun. Orang yang mengalami depresi biasanya akan kehilangan rasa bahagia dan rasa antusias terhadap sesuatu hal.

Saat seorang ibu mengalami kondisi ini maka dia kemungkinan akan merasa kesulitan untuk memiliki ikatan dengan anaknya, selalu merasa sedih dan merasa sangat ketakutan akan kehilangan cinta anaknya.

Penelitian mengatakan bahwa beberapa ibu yang menderita depresi mungkin akan berusaha menolak untuk mengakui kondisinya dan menolak penanganan medis karena dianggap sebagai orang yang sakit.

Namun berdasarkan apa yang ditemukan oleh peneliti maka seorang ibu yang mengalami depresi maka harus dapat penanganan secepatnya. Karena depresi yang dialami oleh orang tua terutama ibu akan sangat berpengaruh pada masa depan anak.

Untuk Anda atau yang memiliki pasangan menunjukkan tanda-tanda depresi sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter dan mendapatkan penanganan yang terbaik.

Baca juga: 17 Hal Tak Terduga yang Dapat Memicu Terjadinya Depresi

Ingin tahu informasi lebih lanjut mengenai topik ini? Tanya langsung ke dokter Kami di fitur Tanya dokter sekarang

Sumber: lovepanky

Editor Dokter.id
Jun 08  -  2 min read