Your browser does not support JavaScript!
Pada Usia Berapa Sebaiknya Anda Memperbolehkan Putri Anda Memiliki Pacar?
Pada Usia Berapa Sebaiknya Anda Memperbolehkan Putri Anda Memiliki Pacar?

Apakah anak Anda sudah mulai memasuki masa remaja dan mulai merasakan adanya percikan-percikan cinta dengan lawan jenisnya? Bila ya, maka Anda juga harus mulai bersiap-siap untuk menghadapi hal ini.

Para remaja perempuan telah dikenal mudah jatuh cinta, tetapi kapan sebenarnya merupakan saat yang tepat bagi putri Anda untuk mulai memiliki pacar?

Karena zaman sekarang ini tidak seperti zaman Anda dahulu, maka sangatlah penting bagi Anda untuk tidak menyamakan kondisi putri Anda saat ini dengan kondisi Anda saat masih muda dulu, termasuk pada usia berapa Anda baru memiliki pacar pertama Anda.

Masa remaja identik dengan terjadinya berbagai perubahan kadar hormonal, tekanan dari teman-teman sebaya, dan media sosial. Pada usia ini, para remaja perempuan biasanya masih kurang dapat mengawasi dirinya sendiri dan belum mampu menyelesaikan berbagai permasalahan yang terjadi.

Sebelum memutuskan kapan saat yang tepat bagi putri Anda untuk mulai mencari belahan jiwanya, sangatlah penting bagi Anda untuk mengerti berbagai jenis kencan yang biasa dilakukan oleh para remaja putri sekarang ini.

Terdapat 3 jenis kencan yang sekarang ini sering dilakukan oleh para remaja putri, yaitu kencan beramai-ramai, kencan online, dan kencan eksklusif.

Pada kencan kelompok (kencan beramai-ramai), para remaja biasanya berpergian bersama dengan pasangan lainnya ke berbagai tempat umum seperti mal atau bioskop. Kencan jenis ini merupakan jenis kencan yang baik dilakukan, terutama bila kencan masih merupakan hal baru bagi putri Anda.

Pada kencan online, para remaja yang memilih untuk melakukan kencan online mungkin merasa dirinya lebih aman, tetapi mungkin juga karena mereka merasa putus asa, depresi, dan merasakan adanya penolakan dari lingkungan sekitarnya.

Oleh karena itu, jangan biarkan anak Anda melakukan kencan tipe ini karena kencan jenis ini masih akan menimbulkan sakit hati yang sama dan meningkatkan resiko anak Anda berhubungan dengan seorang predator.

Pada kencan eksklusif, para remaja hanya berkencan berduaan dengan pasangannya.

Jadi, kapan waktu yang tepat bagi seorang remaja putri untuk mulai memiliki pacar? Sebenarnya tidak ada waktu pasti mengenai kapan tepatnya seorang remaja putri boleh mulai mencari pangeran berkuda putihnya.

Akan tetapi, saat seorang remaja putri berusia 14 atau 15 tahun, mereka biasanya telah siap untuk melakukan kencan kelompok, tetapi mungkin belum siap untuk kencan eksklusif. Anda mungkin harus meminta putri Anda untuk menunggu hingga mereka berusia 16 atau 17 tahun sebelum mereka dapat mulai melakukan kencan eksklusif. Hal ini juga tergantung pada kematangan putri Anda dan penilaian Anda terhadap pasangan putri Anda tersebut.

Usia remaja sebenarnya merupakan saat bagi putri Anda untuk “mencoba” dan belajar apa saja yang diperlukan dalam suatu hubungan asmara. Masa remaja merupakan masa di mana putri Anda akan belajar bagaimana caranya memulai, menjalani, dan mengakhiri suatu hubungan asmara. Hal ini merupakan bekal bagi mereka saat mereka sudah mulai memasuki usia dewasa dan memiliki hubungan asmara yang lebih serius.

 

Sumber: sheknows

Editor Dokter.id
Mar 20  -  3 min read