Your browser does not support JavaScript!
Ngeri, Ditemukan 15 Belatung Pada Gusi Seorang Anak!
NGERI, Ditemukan 15 Belatung Pada Gusi Seorang Anak!

Ana Cardoso, dibawa ke sebuah klinik di Brasil setelah mengeluh kesemutan dan nyeri di gusinya. Dokter gigi yang memeriksanya kemudian terkejut dengan apa yang ditemukannya. Dia menemukan 15 belatung bersarang di gusi bocah itu. Ibunya, Adriana, 35 tahun, bahkan hanya bisa bergidik ngeri, saat melihat dokter mengangkat belatung-belatung itu dari dalam gusi putrinya.

 

Baca Juga: Benarkah Kesehatan Gigi dan Gusi Mempengaruhi Kesehatan Jantung Seseorang?

 

Ibunya mengatakan bahwa beberapa hari lalu putrinya mengeluh ada yang bergerak di dalam mulutnya dan awalnya ia mengira bahwa anaknya tersebut sedang bercanda, sehingga ia pun tidak menanggapi keluhan putrinya tersebut, apalagi ia tidak melihat adanya gejala aneh pada sang putri. Dia pun menyuruh Ana untuk lebih rajin menyikat giginya. Tetapi, kemudian kondisi putrinya semakin memburuk.

Gusi Ana membengkak dan terasa sangat nyeri. Dia bahkan terus mengeluh bahwa ada sesuatu yang bergerak di dalam mulutnya. Setelah dibawa ke dokter gigi, Adriana baru tahu bahwa putrinya terkena miasis.

Miasis berasal dari kata Latin, "myia", yang berarti lalat dan "iasis". Infeksi parasit ini terjadi akibat adanya larva lalat (belatung) yang tumbuh di dalam tubuh mamalia hidup atau mati (hewan dan manusia), yang terus memakan jaringan yang ditinggalinya. Dan ketika parasit ini menyerang jaringan di rongga mulut, penyakit itu dikenal sebagai miasis oral.

Mereka yang beresiko terkena penyakit langka ini umumnya merupakan orang-orang yang kurang mampu secara ekonomi atau orang-orang yang sedang menderita luka atau cedera lain pada wajah. Penyakit ini juga lebih sering terjadi di daerah dengan iklim hangat.

Jika larva lalat menyerang hidung dan atau telinga, maka hal ini dapat sangat berbahaya karena larva lalat tersebut dapat masuk ke dalam otak dan menyebabkan terjadinya kematian.

 

Sumber: WOW Fact

Dipo Hartono
May 04  -  2 min read