Your browser does not support JavaScript!
Mungkinkah Gangguan Makan Terjadi Pada Seorang Pria?
Mungkinkah Gangguan Makan Terjadi Pada Seorang Pria?

Memang benar bahwa gangguan makan seperti bulimia atau anoreksia nervosa lebih sering ditemukan pada wanita, akan tetapi tahukah Anda bahwa gangguan makan ini juga dapat terjadi pada para pria?

Karena gangguan makan ini jarang ditemukan pada pria, maka banyak pria yang menderita gangguan makan ini pun tidak terdiagnosa dan tidak memperoleh pengobatan yang sangat diperlukannya.

Menurut the National Association of Anorexia Nervosa and Associated Disorder (ANAD), sekitar 10-15% penderita gangguan makan di Amerika adalah seorang pria. Akan tetapi, sebuah penelitian baru menduga bahwa angka ini sebenarnya lebih rendah daripada yang sebenarnya karena berbagai gejala gangguan makan pada pria seringkali tidak diketahui.

Para penelitian yang dilakukan di Inggris, para peneliti mewawancari 39 orang peserta penelitian, yang terdiri dari 10 orang pria dan 29 orang wanita, yang berusia di antara 16-25 tahun. Para peneliti menanyakan mengenai pengalaman mereka terhadap gangguan makan.

Para peneliti membutuhkan waktu beberapa bulan atau bahkan beberapa tahun untuk menemukan adanya gejala gangguan makan pada para peserta pria. Beberapa gejala gangguan makan yang dimaksud di sini adalah berhari-hari tidak makan, memuntahkan makanan setelah makan, dan berolahraga secara berlebihan.

 

Baca Juga: Apa Gejala Awal dari Gangguan Makan?

 

Para peserta pria dalam penelitian ini kemudian mengatakan bahwa lambatnya pengenalan gejala gangguan makan pada diri mereka disebabkan karena mereka mengira bahwa gangguan makan hanya dapat terjadi pada seorang wanita. Salah seorang pria bahkan mengira bahwa gangguan makan hanya mengenai para remaja perempuan yang masih labil.

Alasan lainnya mengenai mengapa para peserta pria ini terlambat mencari pertolongan medis adalah karena para petugas kesehatan sendiri tidak menanggapi berbagai gejala gangguan makan yang mereka alami dengan serius atau karena para pria ini tidak tahu harus mencari pertolongan ke mana.

Para peneliti menyimpulkan bahwa deteksi dini dan kesadaran masyarakat bahwa para pria pun mungkin mengalami gangguan makan merupakan kunci untuk memastikan para pria dan wanita penderita gangguan makan dapat memperoleh pertolongan dan dukungan yang diperlukannya sebelum gangguan makan menjadi sulit diatasi.

 

Sumber: foxnews

Editor Dokter.id
May 04  -  2 min read