Your browser does not support JavaScript!
Meningkatnya Kejadian Alzheimer
Meningkatnya Kejadian Alzheimer

Kehilangan ingatan mengenai orang yang kita cintai merupakan salah satu hal yang menakutkan. Namun ternyata lebih dari 5 juta orang di Amerika Utara menderita penyakit Alzheimer. Angka ini diperkirakan akan meningkat sampai hampir 4 kali pada tahun 2050.

Alzheimer bukanlah sebuah penyakit menular, melainkan merupakan suatu keadaan dimana terjadi kematian sel-sel otak pada saat yang hampir bersamaan sehingga otak tampak mengerut dan mengecil.

Ingatan yang mulai menurun di tahun-tahun awal penyakit perlahan akan berkembang menjadi masalah serius dan terjadi gangguan memori, bahasa dan penalaran abstrak sampai akhirnya akan terjadi keadaan dimana otak tidak mampu berfungsi.

Meskipun telah dilakukan penelitian yang luas, baik bagaimana cara mengetahui penyebab dan obat yang digunakan untuk menangani penyakit Alzheimer tetap sulit untuk dipahami. 

Para ahli berteori bahwa ada kombinasi yang rumit antara genetika, lingkungan, dan faktor gaya hidup menyebabkan terjadinya penurunan kognitif, meskipun mereka masih berusaha mencari tahu bagaimana hal itu terjadi dan apa yang bisa dilakukan untuk mencegahnya. 

Meskipun tidak ada jawaban pasti untuk menangani misteri Alzheimer, namun menurut Randolph Schiffer, MD , direktur Cleveland Clinic Lou Ruvo Pusat Kesehatan Otak tetap disarankan untuk melakukan pola hidup yang sehat, konsumsi makanan sehat, suplemen untuk memberikan tubuh yang sehat yang diharapkan berpengaruh pada kesehatan sel otak.  “Selain itu perlu menambahkan aktivitas fisik, mental dan interaksi sosial” kata Randolph

Sumber: everydayhealth

Editor Dokter.id
Oct 14  -  2 min read