Your browser does not support JavaScript!
Menguak Fakta Manfaat Vitamin E
Menguak Fakta Manfaat Vitamin E

Guys, pasti kita pernah bertanya, mengapa tubuh kita membutuhkan vitamin E. Bukankah, vitamin E, biasanya hanya dikonsumsi kaum hawa, bagi kesehatan kulit mereka (sebagai anti aging). Well…guys pengertian ini standart banget. Karena itu kita perlu mengenal manfaat hebat dari Vitamin E.

Lalu bagaimana, kita bisa mendapatkan vitamin E. Sangat disarankan kita mengkonsumsi makanan sumber alami yang mengandung vitamin E, daripada mengkonsumsi suplemennya. Beberapa sumber vitamin E terbaik bisa kita dapatkan di, minyak gandum, kacang almond, sayur bayam, ubi jalar, alpukat, wheatgerm (biji gandum), biji bunga matahari, minyak sawit, brokoli, kiwi, mangga, tomat dan Labu butternut squash.

Dari makanan-makanan itulah kita bisa memperoleh banyak manfaat kehebatan vitamin E, seperti:

  1. Sumber anti oksidan tertinggi, selain vitamin c, vitamin E juga merupakan salah satu vitamin dengan sumber anti oksidan yang tinggi.
  2. Penangkal radikal bebas. Sebagai antioksidan, vitamin E membantu tubuh kita untuk menyingkirkan radikal bebas dan mencegah kerusakan sel pada tubuh.
  3. Melindungi DNA dalam tubuh kita. Ketika radikal bebas menyerang DNA, mereka dapat menyebabkan DNA mengirim instruksi abnormal ke sel. Hal ini dapat membuat sel mulai membelah secara tidak terkendali dan membentuk tumor. Vitamin E melindungi DNA kita dengan menghilangkan radikal berbahaya ini.
  4. Memperkuat sistem kekebalan tubuh kita. Vitamin E tidak hanya memperlambat proses penuaan di sel-sel kita, dengan menghilangkan radikal bebas dari tubuh kita, tetapi juga memperkuat efek anti-inflamasi. Dengan memperkuat sistem kekebalan tubuh, antioksidan yang disediakan oleh vitamin ini membantu melindungi kita dari berbagai jenis penyakit.
  5. Menyeimbangkan kadar kolesterol kita.
  6. Melindungi kesehatan jantung.
  7. Mengandung banyak nutrisi. Nutrisi yang baik membantu meningkatkan kesehatan yang optimal.
  8. Melindungi sistem saraf kita. Mendapatkan jumlah vitamin E yang cukup bagi tubuh kita sangat penting untuk kesehatan sistem saraf kita. Vitamin E dapat melindungi sistem saraf kita dengan menghilangkan radikal bebas dari tubuh kita. Ketika kita mengalami kekurangan vitamin E, ini menempatkan kita pada risiko mengembangkan kondisi kesehatan otak dan sumsum tulang belakang.
  9. Meremajakan kulit kita. Vitamin E dapat membantu kita melindungi kulit kita dari efek sinar ultraviolet. Ini adalah salah satu alasan mengapa mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin E dan antioksidan lain akan membuat kulit kita terlihat sehat dan muda. Studi lain menemukan bahwa vitamin E adalah senyawa bagus yang digunakan untuk peremajaan kulit. Ini membuat penggunaan vitamin E sebagai metode anti-penuaan alami yang hebat.
  10. Merangsang pertumbuhan rambut. Vitamin E bisa menjadi kondisioner yang sangat baik untuk rambut kita dan membuatnya bersinar dan lembab. Vitamin E juga bisa memperbaiki kerusakan rambut. Tidak hanya mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin E, namun Kita juga dapat menggunakan vitamin E pada rambut kita.
  11. Penting selama kehamilan. Beberapa nutrisi penting yang perlu kita perhatikan adalah vitamin. Mendapatkan jumlah vitamin yang tepat dengan makan makanan yang sehat dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan bayi kita dan vitamin E tidak terkecuali. Kita harus mengonsumsi makanan yang kaya vitamin E. Namun, kita harus menghindari penggunaan suplemen vitamin E saat kita hamil. Karena telah terbukti menyebabkan efek samping pada wanita hamil seperti sakit perut. Juga berisiko ketuban pecah dini.
  12. Pengobatan penyakit metabolisme lemak. Vitamin dapat berupa vitamin yang larut dalam air atau vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin yang larut dalam air termasuk vitamin B-kompleks dan asam folat, sementara vitamin yang larut dalam lemak termasuk vitamin E, vitamin K, vitamin D dan vitamin A. Seperti yang kita lihat, vitamin E adalah vitamin yang larut dalam lemak. Ini berarti kita harus memiliki sedikit lemak dalam makanan kita sehingga tubuh kita dapat menyerap vitamin dan mendapatkan semua manfaatnya. Beberapa orang memiliki penyakit yang membuat mereka tidak dapat mencerna atau menyerap lemak dengan benar sehingga membuat mereka rentan untuk mengembangkan kekurangan vitamin yang larut dalam lemak.

Well. Guys, sudah saatnya kita menambahkan vitamin E pada daftar makanan kita setiap hari bukan!!!

Sumber : www.webmd.com, health.facty.com

Dipo Hartono
Jan 08  -  4 min read