Your browser does not support JavaScript!
Menginjak Usia 119 Tahun, Wanita Tertua Di Dunia Meninggal
Menginjak Usia 119 Tahun, Wanita Tertua di Dunia Meninggal

Nama Kane Tanaka, wanita asal Jepang ini berhasil masuk ke dalam daftar Guinness World Records pada 2019 yang dinobatkan sebagai wanita tertua di dunia. Pada 19 April 2022, dirinya dikabarkan meninggal dunia di usianya yang menginjak 119 tahun.

Menurut tweet yang diposting oleh keluarga Kane pada 13 April 2022, dia baru-baru ini "dirawat di rumah sakit dan dipulangkan berulang kali" sebagaimana dikutip dari laman Guinness World Records.

Menjadi wanita tertua di dunia nampaknya bukan hal yang mudah untuk dijalani oleh Kane. Melansir CNN, sebelum ia meninggal dunia, ia kerap keluar-masuk rumah sakit untuk mendapatkan perawatan.

"Saya bisa sampai sejauh ini dengan dukungan banyak orang. Saya harap Anda akan terus bersenang-senang, ceria dan energik," katanya, dikutip dari tweet oleh keluarganya.

Tak hanya itu, wanita yang menikah di usia 19 tahun itu telah dua kali selamat dari kanker dan menjalani banyak peristiwa sejarah, selamat dari dua perang dunia dan flu Spanyol 1918, serta pandemi Covid-19.

Melansir NPR, Tanaka ditarik untuk membawa obor Olimpiade sebagai bagian dari estafet obor menjelang Olimpiade di Tokyo, tetapi kerabatnya menganggapnya terlalu berisiko mengingat pandemi Covid-19.

Guinness World Records melaporkan bahwa ia terbiasa bangun jam 6 pagi dan menghabiskan hari-harinya belajar matematika dan bermain Othello. Dia juga diketahui menyukai makanan manis, yang menurut keluarganya bertahan hingga hari-hari terakhirnya, dengan permintaan cokelat dan cola.

Orang tertua yang masih hidup sebelumnya adalah wanita Jepang lainnya, Chiyo Miyako, yang meninggal pada usia 117 tahun. Orang tertua sebelum Miyako pun orang Jepang.

Gelar orang tertua juga pernah dimiliki oleh Jeanne Louise Calment, seorang wanita Prancis yang hidup sampai ia berusia 122 tahun dan 164 hari - meninggal pada tahun 1997 silam.

Guinness mengatakan sedang menyelidiki siapa yang memiliki gelar orang tertua yang masih hidup dan orang tertua yang masih hidup (wanita). "Guinness World Records mengirimkan belasungkawa terdalam mereka kepada keluarga Kane," kata pernyataan mereka sebagaimana dilansir dari NBC News.

Digital Dokterid
Apr 26  -  2 min read