Your browser does not support JavaScript!
Menderita Skizofrenia Tetapi Ingin Memiliki Pasangan? Apa Yang Harus Dilakukan?
Menderita Skizofrenia Tetapi Ingin Memiliki Pasangan? Apa yang Harus Dilakukan?

Menderita skizofrenia seringkali membuat para penderitanya merasa ragu untuk memberitahu atau bahkan mulai mencari teman, apalagi pasangan. Akan tetapi, hal ini ternyata tidak berlaku bagi Penny Freese. 

Freese sedang melanjutkan kuliah keseniannya di sebuah universitas di Amerika saat ia bertemu dengan seorang pria yang saat ini telah menjadi suaminya. Setelah berpacaran selama beberapa bulan, ia menyadari bahwa pasangannya tersebut selalu menghindar saat membicarakan berbagai masalah pribadi.

Akhirnya, suatu hari, ia pun mulai mengkonfrontasi pasangannya tersebut dan mengatakan bahwa ia tidak jujur padanya. Pasangannya pun memberitahukan padanya bahwa ia pernah mengalami episode skizofrenia. 

Walaupun pada awalnya ragu, 6 bulan kemudian mereka pun menikah dan tetap bersama hingga sekarang, 37 tahun kemudian. Freese mengatakan bahwa menjaga hubungan yang baik dan keintiman dengan pasangan dapat membantu menjaga pernikahannya hingga kini, tetapi tentu saja membutuhkan banyak usaha dari kedua belah pihak.

Apakah Anda pun ingin memiliki suatu kehidupan pernikahan walaupun menderita skizofrenia? Seorang penderita skizofrenia cenderung menghindari berbagai situasi sosial, yang mengharuskannya berhubungan dengan orang lain, yang membuatnya sulit memiliki seorang teman, apalagi pasangan. 

Memang bukan merupakan hal yang mudah untuk mulai berkencan saat Anda tahu Anda menderita skizofrenia. Di bawah ini terdapat beberapa hal yang mungkin dapat membantu Anda kembali menjalin hubungan dengan orang-orang di sekitar Anda, seperti:

  • Berkonsultasilah dengan dokter spesialis jiwa Anda untuk mengetahui obat mana yang paling tepat untuk mengatasi berbagai gejala skizofrenia yang Anda alami
  • Berkonsultasilah dengan seorang terapis yang dapat membantu Anda menjalin suatu hubungan dengan orang lain
  • Mulailah melakukan berbagai aktivitas yang membuat Anda harus keluar rumah dan berada di sekitar orang lain, misalnya berolahraga di tempat fitness

 

Kapan Harus Memberitahu Si Dia?

Memberitahu si dia bahwa Anda menderita skizofrenia dapat merupakan hal yang sulit, terutama bila Anda baru memulai hubungan Anda tersebut. Akan tetapi, bukan berarti Anda harus menyembunyikan keadaan Anda dari si dia. Hal ini dikarenakan walaupun dengan pengobatan yang tepat, Anda tetap mungkin masih mengalami berbagai gangguan dalam hal komunikasi atau berbagai hal lainnya yang membuat si dia menyadari ada sesuatu yang aneh pada diri Anda. 

Mencari tahu kapan saat yang tepat untuk memberitahu pasangan atau teman baru Anda mengenai keadaan Anda adalah kuncinya. Akan lebih baik bila Anda memberitahu sahabat baru atau pasangan Anda tersebut beberapa bulan setelah Anda mulai berkencan, jangan terlalu cepat, tetapi juga jangan terlalu lama.

 

 

Sumber: webmd

Editor Dokter.id
Oct 08  -  3 min read