Your browser does not support JavaScript!
Menderita Flu Dan Batuk? Jangan Lakukan Hal Berikut Ini!
Menderita Flu dan Batuk? Jangan Lakukan Hal Berikut Ini!

Beberapa kebiasaan di bawah ini dapat membuat flu dan batuk Anda semakin memburuk. Oleh karena itu, pastikan Anda mulai menghentikan berbagai kebiasaan buruk berikut ini saat Anda mulai mengalami berbagai gejala flu dan batuk.

 

1. Merokok

Merokok dan menjadi seorang perokok pasif dapat meningkatkan resiko terjadinya infeksi saluran pernapasan dan membuat gejala flu atau batuk yang Anda alami semakin memburuk. Oleh karena itu, pastikan Anda menghentikan kebiasaan merokok Anda selama sakit, atau bahkan selamanya.

 

2. Stress

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa stress akan membuat Anda lebih mudah terkena infeksi berbagai jenis virus flu dan memperburuk gejala flu dan batuk saat Anda sakit. Selain itu, stress juga dapat mengganggu tidur Anda.

 

3. Tidak Membersihkan Tangan Dengan Sabun

Bila memungkinkan cucilah tangan Anda dengan sabun daripada menggunakan hand sanitizers karena sabun dapat membunuh kuman dengan lebih baik.

 

4. Terlalu Bergantung Pada Obat-obatan

Jika obat dekongestan yang disemprotkan langsung ke hidung digunakan lebih dari beberapa hari, maka obat ini pun akan kehilangan efeknya dan justru membuat hidung Anda menjadi lebih mampet. Oleh karena itu, pastikan Anda menggunakan obat sesuai dengan petunjuk penggunaan obat tersebut.

 

5. Mengkonsumsi Minuman Berkafein

Walaupun akan terasa sangat menggoda untuk mengkonsumsi kopi saat Anda merasa lelah atau mengantuk, akan tetapi pastikan Anda menghindari minuman berkafein tersebut karena dapat membuat Anda mengalami dehidrasi, termasuk minuman beralkohol.

 

6. Makan Tidak Teratur dan Kurang Minum

Saat sakit, nafsu makan Anda mungkin akan ikut terpengaruh, di mana Anda menjadi tidak nafsu makan dan malas minum. Akan tetapi, saat sakit justru merupakan saat-saat di mana tubuh Anda membutuhkan cairan lebih banyak, terutama bila Anda juga mengalami demam.

 

Ingin tahu informasi lebih lanjut mengenai topik ini? Tanya langsung ke dokter kami di fitur Tanya dokter sekarang.

 

Sumber: webmd

Eko Siswanto
Nov 25  -  3 min read