Your browser does not support JavaScript!
Membantu Pasangan Yang Depresi, P3k Kesehatan Mental
Membantu Pasangan Yang Depresi, P3K Kesehatan Mental

Ketika orang yang terdekat dengan anda mengalami depresi, mungkin anda akan merasa kesulitan untuk menolong mereka. Anda mungkin tidak tau harus mulai dari mana. Terasa berat untuk anda dan pasangan atau orang terdekat anda untuk menolong. Tapi bukan berarti anda tidak dapat melakukan apa-apa. Berikut ini langkah-langkah P3K kesehatan mental mengenai depresi yang dapat anda pelajari.

1. Periksa

Periksa apakah penderita depresi mengalami tanda-tanda ingin bunuh diri atau selfharm. Apabila penderita kesulitan untuk ditinggal sendiri karena memiliki tandatanda bunuh diri atau self-harm, jangan tinggalkan penderita sendirian terlalu lama. Temani dia biarpun hanya duduk bersama tanpa melakukan kegiatan apa-apa. Jika penderita butuh bantuan medis, segera hubungi 119.

 

2. Pendengar

Langkah P3K termudah yang kedua adalah menjadi seorang pendengar yang baik. Anda hanya butuh mendengar tanpa menghakimi atau menilai orang tersebut. Layaknya seorang customer service, anda menampung dan mendengar isi hati penderita. Percaya atau tidak, menjadi pendengar yang baik sangat membantu penderita merasa dihargai, diterima dan dimengerti. Untuk menolong menderita membuka diri, anda dapat menanyakan pertanyaan open-ended seperti "Apa yang kamu rasakan saat ini?". Hindari untuk mengucilkan atau mengecilkan beban yang dia rasakan. Validasi perasaan yang dia alami.

 

3. Pendorong

Langkah ketiga yang dapat anda lakukan adalah menjadi pendorong dan penyemangat untuk si penderita. Orang yang mengalami depresi terkadang kesulitan untuk mengerjakan hal-hal kecil seperti bangun tidur, mandi, makan, dan sebagainya. Anda dapat mendorong penderita untuk mengerjakan hal-hal yang mendorong mereka untuk bangkit kembali. "Dalam 1 jam kedepan lakukan 1 hal saja, mungkin mandi saja", "Goal hari ini makan saja", "Yuk kita jalan santai saja selama 10 menit". Jika penderita sudah cukup nyaman dengan anda, anda dapat mendorong penderita untuk mendapatkan bantuan konseling professional.

 

4. Kasihi

Penderita depresi sering kali merasa hidup akan lebih mudah tanpa ada dia di dalamnya. Kasihi dia dengan afirmasi bahwa dia berharga dan dia penting di dalam hidup anda. Ingatkan dia bahwa depresi itu riil dan banyak orang yang sembuh dari depresi. Ingatkan dia bahwa apa yang dia alami ini hanya sementara dan jangan menyalahkan dirinya sendiri. Kasihi dia dengan kondisi seadanya ketika dia sedang merasa down maupun sedang baik-baik saja.

Anda dapat mengingat P3K ini dan melatih orang-orang terdekat dengan penderita untuk melakukan P3K ini. Terkadang hal simpel ini dapat menjadi perubahan yang dibutuhkan oleh penderita.

Jul 01  -  3 min read