Your browser does not support JavaScript!
Mau Tunangan? Tanyakan Ini Terlebih Dahulu Kepada Pasangan!
Mau Tunangan? Tanyakan Ini Terlebih Dahulu Kepada Pasangan!

Pasti bagi kamu yang sudah berpacaran lama dan sudah berusia 20an sering kali mendengar kata-kata "menikah". Kata-kata ini pasti sudah tidak asing lagi, entah dikatakan oleh teman-teman yang sudah menikah atau ditanyakan oleh keluarga kapan menikah. Padahal sebenarnya pernikahan bukan sebuah hal yang mudah, menikah adalah komitmen yang harus dibuat untuk seumur hidup. Memang manusia tidak berhenti berevolusi, tetapi ketika harus memutuskan untuk hidup dengan satu orang banyak hal serius yang harus dibicarakan.

Nah jadi hal apa saja sih yang harus dibicarakan sebelum memutuskan untuk tunangan atau menikah? Simak dibawah ini!

  • Keuangan

Masalah keuangan merupakan masalah yang sensitif juga, terkadang banyak orang yang tidak merasa nyaman membahas masalah keuangan. Masalah keuangan bisa menjadi alasan terbesar terjadi perceraian. Kamu harus mengetahui ketika sudah menikah apakah rekening kalian menjadi satu atau uang siapa yang apa dipakai untuk membeli mobil, rumah, dan membayar tagihan.

 

  •  Kehidupan seks

Membahas hal ini dengan pasangan memang terasa tidak nyaman, tetapi hal ini penting untuk dibicarakan demi kebaikan masing-masing. Contohnya seperti apakah kamu dan pasangan pernah melakukan pemeriksaan Kesehatan pra nikah? Atau program perencanaan keluarga apa yang kalian inginkan?. Masalah seks memang tidak bisa langsung diselesaikan dengan pembicaraan, karena hal ini merupakan hal yang sensitif. Tetapi bukan berarti kamu harus tunggu sudah menikah baru membahasnya.

 

  • Komitmen

Setiap orang pasti memiliki caranya untuk menunjukan rasa setia dan pengabdian yang sama. Pastikan sebelum menikah untuk mendiskusikan tentang hubungan pernikahan kalian apakah terbuka atau tertutup. Gagal untuk berkomitmen sebelum menikah bisa menyebabkan kebencian.

 

  • Karir atau rumah tangga

Mendiskusikan masalah ini merupakan hal yang wajib, kalian berdua wajib mengetahui prioritas masing-masing. Contohnya jika sudah menikah apakah kalian boleh mementingkan pekerjaan, dan apakah kamu keberatan jika dia bekerja sampai malam setiap harinya. Jika sudah mempunyai anak siapa yang harus mengorbankan karirnya?

 

  • Ekspetasi pernikahan

Setiap orang memiliki pandangan yang berbeda beda tentang pernikahan. Terkadang pandangan ini juga bisa bertentangan, kamu harus memahami tunangan karena jani yang sudah dibuat dipernikahan tidak bisa ditukar.

 

  • Cara membesarkan anak

Kamu dan pasangan harus sepemikiran terhadap cara membesarkan anak jika berencana untuk memiliki anak. Contohnya seperti nanti jika punya anak, anak kita akan disekolahkan di swata atau negri ya. Apakah orang tua kita boleh terlibat dalam mengasuh anak.

 

Baca juga: Apa Hubungan Antara Cincin Pertunangan Dengan Kehidupan Pernikahan Anda?

Ingin tahu informasi lebih lanjut mengenai topik ini? Tanya langsung ke dokter Kami di fitur Tanya dokter sekarang

 

Jul 15  -  3 min read