Your browser does not support JavaScript!
Mau Nikah? Baca Ini Dulu!
Mau Nikah? Baca ini dulu!

Hari ini kita bahasin soal skenario sebelum pernikahan, kalo misalnya kita ngomongin pernikahan ini…. Banyak ya sekarang yang udah nikah-nikah muda. Trus baru kenal berapa bulan trus udah nikah. Which to me is very okay. Tapi kalau misalnya kalian mau bikin skenario-skenario ketika nanti pernikahan lo harus punya pengelihatan. Oke kira-kira ketika gue nikah dan tinggal bareng ini bakal kayak gimana ya?

1.    Obrolin soal kepercayaan & value yang kalian anut

So penting banget sebelum kamu menikah yang pertama harus lo lakukan adalah talk about your beliefs and values. Jadi,mulai dari agama kalian, mulai dari ngomongin soal ritual. Mulai dari ngomongin soal politik atau kayak dinamika keluarga. Ritual itu bukan yang kayak gimana-gimana ya. Maksudnya ritual itu ya mungkin ketika pagi-pagi lo ngapain. Atau misalnya dulu ketika sama keluarga lo kalau liburan tuh ngapain sih atau kalau misalnya ada hari-hari perayaan gitu loh kayak gimana gitu maksudnya. Soalnya ini ya kadang biarpun lo satu agama juga itu tetap namanya perbedaan itu tetep pada. Kalau misalnya kayak perbedaan pendapat kayak gitu itu pasti ada, pasti ada gitu. Jadi paling penting adalah gimana caranya lo bisa menghormati perbedaan itu dan akhirnya ketika ada konflik yang muncul dari perbedaan itu, itu gimana lo cara handlenya. Yang penting tuh sebenernya di situ sih. Keep that in mind.

 

 2.    Obrolin soal Duit, karir dan anak

Sebelum lo menikah lo harus talk about money, career, kids. Masalah duit ini masalah yang sensitif banget. Bahkan ketika orang-orang ini biasanya yang sudah menikah itu financial itu bisa jadi stress sendiri gitu. Jadi penting banget sebelum lo nikah lo harus ngomongin realitanya gini loh ketika kita nikah, duit itu kayak gini, anak tuh kayak gini, karir tuh nanti kayak gimana gitu. Jadi lo harus punya komunikasi/ conversation kayak gitu dulu sebelum nikah gitu.

 

 3.    Cari tau circle pertemanan pasangan

Next, kalo misalnya lo belum kenal nih sama circle terdekatnya dia atau temen-temennya dia. Mungkin ini adalah waktu yang terbaik untuk lo bisa tahu circlenya dia kayak gimana. Supaya apa? Lo tau pergaulan dia kayak gimana. Trus kira-kira temen-temennya kayak gimana.

 

 4.    Cobalah untuk tinggal berdua atau travelling bareng

Next, mungkin ini rada extreme ya, tapi cobalah untuk tinggal berdua. Mungkin bagi beberapa orang, iya ini saran dari gue emang rada extreme, kesannya kayak kumpul kebo gitu ya. Enggak tapi yang paling gampang adalah kalian kalau misalnya pergi traveling. Itu yang paling gampang sih. Jadi biar pertama nih, kalian bisa tau orangnya ini tuh kayak gimana, keitka lagi tinggal bareng. Trus kalian juga jadi bisa tau ketika traveling itu kan ada planning dulu. Nah kira-kira kalau ada konflik ada planning ada permasalahan tetek bengek kecil-kecil kayak gitu ketika traveling itu lo tahan gak sama orang kayak gitu.

So that’s really important to know one person gitu ya. Jadi yaudah, pikirin ya baik-baik sebelum kalian nikah. As always, Good luck.

May 20  -  4 min read