Your browser does not support JavaScript!
Mau Kualitas Asi Terjaga? Ikuti Cara Ini
Mau Kualitas ASI Terjaga? Ikuti Cara Ini

Setiap ibu pasti ingin memberikan anaknya yang terbaik, termasuk juga memberikan ASI  yang terbaik. Nah oleh karena itu kuantitas dan kualitas ASI harus selalu diperhatikan. Apa yang ibu konsumsi ketika menyusui pasti dapat mempengaruhi bayi. Sangat penting untuk menjaga makanan agar bisa meningkatkan kualitas ASI

Nah jadi bagaimana sih acaranya untuk menjaga kualitas ASI agar tetap terjaga selama menyusui? Simak tips dibawah ini!

  • Aktif bergerak

Melakukan aktivitas fisik ketika sedang menyusui bisa membantu meningkatkan kualitas ASI untuk si kecil. Cobalah untuk melakukan aktivitas yang sedang sebanyak 3-4 kali selama seminggu untuk mengurangi stress dan juga meningkatkan energi.

 

  • Kalori tercukupi

Pastikan kalori pada tubuh cukup setiap hari, ketika menyusui dan memproduksi ASI tubuh menghabiskan banyak energi. Oleh karena itu kamu harus mengonsumsi sekitar 500 kalori ekstra dalam sehari. Makanan cepat saji memang memiliki kalori tinggi tetapi kandungan kalorinya tidak bergizi. Cobalah dapatkan kalori dari makanan yang lebih sehat.

 

  • Batasi mengonsumsi kafein

Menurut Dr. Josep minuman yang mengantung kafein seperti kopi bisa merangsang produksi ASI, tetapi dapat mempengaruhi kualitas ASI ketika dikonsumsi. Satu cangkir kopi tidak bermasalah dalam sehari.

 

  • Konsumsi seafood

Cobalah tambahkan seafood kedalam menu makanan, contohnya seperti ikan. Jika suka mengonsumsi ikan atau seafood yang mengandung protein sehat yang bisa memberikan asam lemak omega-3 esensial. Jika ingin mengonsumsi seafood rendah merkuri kamu bisa coba salmon, tuna,udang dan cumi-cumi selama 2-3 seminggu.

 

Baca Juga: ASI Berkurang? Tips Ini Bisa Memperbanyak Asi Loh!

Ingin tahu informasi lebih lanjut mengenai topik ini? Tanya langsung ke dokter Kami di fitur Tanya dokter sekarang

 
Aug 03  -  2 min read