Your browser does not support JavaScript!
Manfaat Air Putih Untuk Tubuh Manusia
Manfaat Air Putih Untuk Tubuh Manusia

Bagaimana Air Meningkatkan Laju Metabolisme Tubuh?

Air selalu ikut terlibat dalam setiap proses selular yang berlangsung di dalam tubuh Anda dan saat Anda mengalami dehidrasi, maka tubuh Anda pun tidak dapat berfungsi dengan efisien, termasuk metabolisme tubuh Anda. Seperti halnya mobil Anda yang membutuhkan bensin untuk dapat berjalan, tubuh Anda pun memerlukan air untuk menjalankan fungsinya.

 

Bagaimana Air Dapat Membantu Diet Anda?

Tubuh sebenarnya hampir tidak dapat membedakan antara rasa lapar dan rasa haus. Oleh karena itu, rasa lapar yang Anda rasakan mungkin sebenarnya merupakan suatu tanda dehidrasi. Dengan demikian, akan lebih baik bila Anda mengkonsumsi segelas air putih terlebih dahulu sebelum mulai mengkonsumsi makanan atau cemilan untuk mengatasi rasa lapar Anda.

Selain dapat membantu Anda membedakan rasa lapar karena haus atau karena Anda memang benar-benar membutuhkan makanan, mengkonsumsi segelas air sebelum makan juga dapat membantu Anda merasa lebih kenyang dan makan lebih sedikit.

Pada sebuah penelitian, para peneliti menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi air sebelum makan rata-rata mengkonsumsi 75 kalori lebih sedikit di setiap waktu makan. Anda mungkin tidak merasa bahwa jumlah ini cukup banyak, akan tetapi apa jadinya bila hal ini terus berlangsung selama 1 tahun? Anda akan mengkonsumsi 27.000 kalori lebih sedikit dalam waktu 1 tahun, yang dapat membuat berat badan Anda turun sebanyak 4 kg dalam setahun.

 

Manfaat Air Putih Bagi Kesehatan Saluran Pencernaan dan Saluran Kemih

Mengkonsumsi cukup air putih tidak hanya dapat membantu Anda memetabolisme makanan yang Anda makan, tetapi juga dapat membantu Anda mencerna makanan yang Anda konsumsi dengan baik.

Air putih membantu ginjal Anda menjalankan fungsinya dengan baik dan memfiltrasi berbagai zat yang tidak diperlukan dan masih diperlukan tubuh, yang dapat memperlancar proses buang ari besar Anda alias mencegah terjadinya sembelit. Dehidrasi dapat membuat seseorang mengalami sembelit.

Selain mencegah terjadinya sembelit, mengkonsumsi cukup air juga dapat mencegah terbentuknya batu ginjal. Dehidrasi kronik dapat menyebabkan terbentuknya batu ginjal. Kekurangan air dapat membuat kalsium dan berbagai mineral menumpuk di dalam air kemih dan akan membentuk kristal yang pada akhirnya menyebabkan terbentuknya batu ginjal dan batu saluran kemih.

 

Berapa Banyak Air yang Anda Perlukan?

Walaupun sebenarnya berbeda-beda bagi setiap orang, akan tetapi rata-rata orang dewasa membutuhkan setidaknya 8 gelas air putih setiap harinya. Sebenarnya kebutuhan cairan setiap harinya tergantung pada ukuran tubuh dan berat badan Anda, serta aktivitas fisik dan di mana Anda tinggal.

Setiap orang sebenarnya membutuhkan 15-30 ml air untuk setiap 500 gram berat badan setiap harinya. Akan tetapi, bila Anda hidup di daerah beriklim panas atau banyak berolahraga atau beraktivitas fisik, maka Anda akan membutuhkan lebih banyak cairan dibandingkan dengan orang yang tinggal di daearah beriklim lebih dingin dan lebih jarang beraktivitas.

Cara lainnya untuk mengetahui apakah Anda telah mencukupi kebutuhan cairan Anda atau belum adalah dengan melihat warna air kemih Anda. Bila air kemih Anda berwarna kuning gelap, maka Anda mungkin sedang mengalami dehidrasi.

 

Sumber: webmd

Eko Siswanto
Mar 22  -  3 min read