Your browser does not support JavaScript!
Makanan Yang Wajib Dikonsumsi Saat Hamil 3 Bulan
Makanan yang Wajib Dikonsumsi Saat Hamil 3 Bulan

Memasuki bulan ketiga, janin Anda akan mulai tampak seperti manusia. Pada akhir bulan ketiga, bayi Anda bahkan sudah mulai bergerak, walaupun masih tidak Anda sadari. Karena banyaknya organ yang sedang dibentuk pada bulan ini, maka makanan yang Anda konsumsi pun menjadi sangat penting.

Di bawah ini Anda dapat melihat makanan apa saja yang wajib Anda konsumsi pada bulan ketiga kehamilan Anda agar bayi Anda dapat berkembang dengan baik.

 

Baca juga: Apakah Pemeriksaan USG Berbahaya Bagi Bayi?

 

Makanan Kaya Vitamin B6

Karena rasa mual Anda akan mencapai puncaknya pada bulan ini, maka Anda mungkin akan merasa lemas dan sangat lelah. Untuk membantu mengurangi rasa mual dan memperbaiki mood Anda, maka konsumsilah makanan kaya vitamin B6 seperti buah golongan sitrus (jeruk, lemon), telur, sayuran berdaun hijau, dan kentang.

 

Buah Segar

Saat hamil, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah segar daripada buah kalengan karena buah kalengan biasanya mengandung zat pengawet. Selain berbagai vitamin, buah segar juga mengandung air, serat, gula alami, dan antioksidan; yang dapat membantu menjaga kesehatan dan mencukup kebutuhan vitamin dan serat harian Anda. Bila Anda ingin meningkatkan berat badan, maka pisang dan jambut biji dapat menjadi pilihan yang baik.

 

Karbohidrat

Dengan mengkonsumsi gandum dan karbohidrat sederhana seperti roti, nasi, dan kentang; maka Anda dapat memberikan energi tambahan pada bayi Anda.

 

Daging

Jika Anda merupakan penyuka daging, maka sekaranglah saatnya memuaskan hasrat Anda. Pastikan saja daging sudah benar-benar matang dan bersih. Daging ayam, domba, dan ikan air tawar merupakan sumber vitamin, mineral, dan protein yang baik.

 

Zat Besi dan Asam Folat

Zat besi dan asam folat merupakan 2 mineral yang sangat penting bagi proses perkembangan bayi Anda. Oleh karena itu, pastikan Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak zat besi dan asam folat seperti bit, oatmeal, tuna kalengan, kacang, daging (untuk zat besi), jeruk, kentang, brokoli, telur, dan sayuran berdaun hijau (untuk asam folat).

 

Susu dan Produknya

Pada saat hamil dan menyusui, mengkonsumsi susu dan produknya sangat baik bagi kesehatan Anda dan bayi Anda. Bayi Anda sangat memerlukan kalsium dan mineral lainnya yang terdapat di dalam susu untuk proses perkembangannya. Pastikan saja susu yang Anda konsumsi telah melalui proses pasteurisasi.

 

Ingin tahu informasi lebih lanjut mengenai topik ini? Tanya langsung ke dokter kami di fitur Tanya dokter sekarang.

 

Sumber: momjunction

Eko Siswanto
Jan 17  -  3 min read