Your browser does not support JavaScript!
Makanan Yang Sebaiknya Dikonsumsi Saat Hamil 7 Bulan
Makanan yang Sebaiknya Dikonsumsi Saat Hamil 7 Bulan

Selamat! Sekarang ini Anda sudah memasuki trimester ketiga kehamilan Anda dan sebentar lagi bayi yang Anda tunggu-tunggu pun akan segera lahir. Namun, pada trimester ketiga ini ada beberapa hal lain yang akan terjadi, seperti pembengkakan pada kaki dan pergelangan kaki Anda. Cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang tepat. Di bawah ini Anda dapat melihat berbagai jenis makanan yang sebaiknya Anda konsumsi saat hamil 7 bulan.

 

Makanan yang Mengandung Banyak Zat Besi dan Protein

Pada trimester ketiga, mengkonsumsi tambahan zat besi sangat penting untuk mencegah terjadinya anemia saat Anda mengalami perdarahan saat melahirkan nanti. Anda butuh sekitar 27 mg zat besi setiap hari. Anda dapat mencukupi kebutuhan zat besi dan protein Anda dengan mengkonsumsi daging merah, kacang-kacangan, daging unggas, biji-bijian, dan beras. Asam amino dari protein yang Anda konsumsi akan membantu pertumbuhan bayi Anda.

 

Makanan yang Mengandung Banyak Kalsium

Kalsium merupakan zat yang sangat penting saat hamil, terutama saat Anda memasuki trimester ketiga. Hal ini dikarenakan pada trimester ketiga inilah tulang-tulang bayi Anda sedang mengalami perkembangan. Dianjurkan agar ibu hamil mengkonsumsi minimal 1.000 mg kalsium setiap harinya. Berbagai jenis makanan yang mengandung banyak kalsium adalah susu dan produknya, oatmeal, dan ikan salmon.

 

Baca juga: Perkembangan Kehamilan Anda (Minggu 31-34)

 

Makanan yang Mengandung Banyak Magnesium

Magnesium akan membantu penyerapan kalsium yang Anda konsumsi dan membantu mengatasi kram kaki, melemaskan otot, dan mencegah terjadinya persalinan prematur. Dianjurkan untuk mengkonsumsi sekitar 350-400 mg magnesium setiap hari. Berbagai jenis makanan yang mengandung banyak magnesium adalah kacang almond, kacang hitam, barley, artichoke, dan biji labu.

 

Makanan yang Mengandung DHA

DHA merupakan asam lemak yang berfungsi untuk membantu perkembangan otak bayi Anda. Dianjurkan untuk mengkonsumsi sekitar 200 mg DHA setiap harinya. DHA dapat ditemukan di dalam susu, telur, dan jus buah.

 

Asam Folat

Asam folat merupakan nutrisi yang harus dikonsumsi oleh setiap ibu hamil, sebelum dan selama kehamilan. Pada trimester ketiga, asam folat dapat membantu menurunkan resiko terjadinya kelainan saraf pada bayi Anda. Berbagai jenis makanan yang mengandung banyak asam folat adalah oatmeal, sayuran berdaun hijau, dan buah-buahan seperti jeruk dan strawberi. Dianjurkan untuk mengkonsumsi sekitar 600-800 mg asam folat setiap hari.

 

Makanan Tinggi Serat

Untuk mencegah terjadinya sembelit, yang memang sering terjadi pada trimester ketiga, Anda harus mengkonsumsi banyak serat. Oleh karena itu, dianjurkan untuk mengkonsumsi buah, sayuran, kacang-kacangan, dan gandum. Juga jangan lupa untuk mengkonsumsi banyak air putih.

 

Makanan yang Mengandung Banyak Vitamin C

Untuk memastikan zat besi yang Anda peroleh dari makanan terserap dengan baik, dianjurkan agar Anda juga mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin C seperti jeruk, melon, lemon, paprika, dan brokoli.

 

Ingin tahu informasi lebih lanjut mengenai topik ini? Tanya langsung ke dokter kami di fitur Tanya dokter sekarang.

 

Sumber: momjunction

Eko Siswanto
Jan 31  -  3 min read