Your browser does not support JavaScript!
Makanan Yang Harus Dikonsumsi Saat Hamil 6 Bulan
Makanan yang Harus Dikonsumsi Saat Hamil 6 Bulan

Selamat para calon ibu! Sebentar lagi Anda akan memasuki trimester ketiga kehamilan Anda. Pada bulan keenam kehamilan, Anda biasanya sudah tidak lagi mengalami mual dan rasa lapar Anda mulai meningkat. Hal ini dikarenakan bayi Anda membutuhkan lebih banyak nutrisi untuk bertumbuh pada saat ini.

Jadi, merasa selalu lapar dan ingin makan merupakan hal yang normal pada usia kehamilan Anda saat ini. Walaupun demikian, Anda masih harus bijaksana dalam memilih makanan apa saja yang boleh dan tidak boleh Anda makan. Hal ini dikarenakan segala sesuatu yang Anda amakn akan mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan bayi Anda.

Di bawah ini Anda dapat melihat beberapa jenis makanan yang masih harus Anda konsumsi pada bulan keenam kehamilan Anda ini.

 

Protein

Protein merupakan nutrisi penting yang perlu Anda konsumsi saat hamil. Namun, pastikan Anda menghindari lemak ikan, kulitnya, dan daging berlemak. Bahkan akan lebih baik bila Anda tidak mengkonsumsi terlalu banyak daging, terutama daging merah. Konsumsilah daging tanpa lemak, ikan, telur, kacang hitam, dan tahu. Berbagai makanan ini akan bermanfaat bagi kesehatan Anda dan bayi Anda.

 

Karbohidrat

Sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi 1-2 porsi karbohidrat setiap hari saat hamil. Akan tetapi, berapa banyaknya tergantung pada berapa banyak peningkatan berat badan yang sudah terjadi. Konsumsilah kentang, paska, jagung, kacang, biji-bijian, dan oat. Selain mengandung karbohidrat, berbagai makanan ini juga baik bagi kesehatan.

 

Sayuran

Anda tentunya sudah mengetahui bahwa sayuran baik bagi kesehatan Anda, terutama bila Anda sedang hamil. Oleh karena itu, pastikan Anda mengkonsumsi berbagai jenis sayuran seperti bit, kol, asparagus, bayam, wortel, labu, lobak, terong, buncis, dan tomat.

 

Baca juga: Perkembangan Kehamilan Anda (Minggu 26-30)

 

Buah

Selain sayuran, buah juga merupakan makanan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan Anda dan bayi Anda. Oleh karena itu, dianjurkan agar Anda mengkonsumsi berbagai jenis buah seperti pisang, anggur, kiwi, apel, pir, dan jeruk.

 

Susu dan Produknya

Jika Anda selama ini tidak bisa mengkonsumsi susu dan produknya, maka sekaranglah saat yang tepat untuk mulai mengkonsumsinya karena rasa mual Anda sudah mulai berkurang. Anda membutuhkan banyak kalsium untuk perkembangan tulang bayi Anda. Oleh karena itu, konsumsilah yogurt, keju, dan susu.

 

Air Putih

Selain berbagai jenis makanan di atas, Anda juga harus mengkonsumsi banyak air putih dan jus buah segar selama hamil. Dianjurkan untuk mengkonsumsi 6-8 gelas air putih setiap harinya untuk menghidrasi tubuh Anda.

 

Ingin tahu informasi lebih lanjut mengenai topik ini? Tanya langsung ke dokter kami di fitur Tanya dokter sekarang.

 

Sumber: momjunction

Eko Siswanto
Jan 29  -  3 min read