Your browser does not support JavaScript!
Makanan Terbaik Untuk Menjaga Kadar Gula Darah Anda
Makanan Terbaik Untuk Menjaga Kadar Gula Darah Anda

Membuat pilihan makanan sehat dan melacak kebiasaan makan Anda dapat membantu Anda mengelola kadar gula darah Anda. Kadar gula darah yang tinggi bisa merusak organ tubuh Anda seperti mata, ginjal dan jantung. Menghindari konsumsi makanan berkalori tinggi adalah langkah awal mengatur kadar gula darah Anda. Menambahkan beberapa makanan tertentu ke dalam makanan sehari-hari Anda juga bisa membantu mengendalikan kadar gula darah Anda.

 

Berikut Makanan Untuk Menjaga Kadar Gula Darah Anda:

Makanan Berserat Tinggi

Serat makanan yang terdapat pada makanan nabati memainkan peran penting dalam kesehatan tubuh Anda. Serat terbagi menjadi dua jenis: larut dan tidak larut. Sumber serat yang tidak larut meliputi kulit buah, seperti anggur, apel dan blueberry. Serat larut di sisi lain diserap dalam air dan membentuk zat seperti gel di saluran pencernaan. University of Maryland menjelaskan bahwa ini menghambat usus dari menyerap gula dan pati. Ini berarti konsumsi makanan berserat tinggi mengurangi risiko diabetes tipe 2, menurunkan kadar insulin dan gula darah. Serat larut bisa ditemukan di bagian lembut buah, kacang polong dan kacang kering.

Kayu manis

Menurut Worlds’ Healthiest Foods, cinnamaldehyde, cinnamyl acetate dan cinnamyl alcohol adalah tiga minyak esensial yang memberi rasa manis khas kayu manis. Menggunakan kayu manis untuk makanan tinggi karbohidrat mengurangi dampak peningkatan pada kadar gula darah Anda.

Sebuah studi oleh "American Journal of Clinical Nutrition" yang diterbitkan pada tahun 2007 menunjukkan bahwa menambahkan kayu manis ke makanan tinggi karbohidrat menurunkan tingkat pengosongan lambung. Hal ini secara signifikan mengurangi kenaikan kadar gula darah setelah makan tinggi karbohidrat. Sebuah makalah yang diterbitkan dalam "Diabetes Care" pada tahun 2003 menunjukkan bahwa konsumsi sehari-hari 1-6 gram kayu manis mengurangi kadar gula darah dan mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Kacang

Sebuah studi oleh para periset di Rumah Sakit St. Michael di Kanada yang diterbitkan pada bulan Agustus 2011 di "Diabetes Care" menemukan bahwa asupan 2 kacang per hari untuk menjaga kadar gula darah dan menurunkan kadar kolesterol jahat. Selain itu, kacang sangat ideal untuk meningkatkan asupan minyak nabati dan protein dalam makanan penderita diabetes tipe 2. Kacang panggang campuran, tawar, mentah atau kering mengendalikan kadar glukosa darah, kadar lemak darah dan membantu mencegah penambahan berat badan pada pasien tersebut.

Cuka

Sebuah studi oleh para periset di Arizona State University yang diterbitkan dalam edisi Januari 2004 tentang "Diabetes Care" menemukan bahwa cuka memperlambat kenaikan gula darah yang biasa setelah makan. Hal ini karena mengandung zat penyusun aktif biologis yang disebut asam asetat, yang menghambat aktivitas beberapa enzim pencerna karbohidrat aktif. Beberapa gula dan pati karenanya tidak dicerna. Akibatnya kadar gula darah tidak meningkat.

 

Baca juga: Gula Juga Bisa Membuat Anda Kecanduan Lho, Berikut Tandanya…

 

Ingin tahu informasi lebih lanjut mengenai topik ini? Tanya langsung ke dokter Kami di fitur Tanya dokter sekarang

 

Sumber: sfgate

Eko Siswanto
Feb 23  -  3 min read