Your browser does not support JavaScript!
Lemak Perut Sulit Hilang? Ini Alasannya
Lemak Perut Sulit Hilang? Ini Alasannya

Sedikit lemak perut sebenarnya baik untuk Anda, karena ini untuk melindungi perut, usus, dan organ halus lainnya. Tapi terlalu banyak lemak adalah sesuatu yang tidak baik. Sel lemak tambahan dalam perut Anda (alias lemak visceral) menghasilkan hormon adipose dan adipokin - pengacau kimia yang melakukan perjalanan ke pembuluh darah dan organ tubuh Anda, di mana mereka menyebabkan peradangan yang dapat menyebabkan masalah seperti penyakit jantung dan diabetes.

Berita bagusnya? Setiap kg yang Anda buang bisa membantu mengurangi ketebalan lemak di perut Anda, jadi setiap Anda menurunkan berat badan maka akan membantu Anda menghilangkan lemak di perut. Namun mengapa saat Anda sudah berusaha menurunkan berat badan tetapi lemak di perut tidak kunjung hilang.

Ini Alasan Mengapa Lemak Perut Tak Kunjung Hilang:

Anda Diet Rendah Lemak Baik

Untuk mengurangi lemak perut, ada baiknya makan lemak-khususnya asam lemak tak jenuh tunggal (MUFA). Ketika peneliti dalam satu studi meminta wanita untuk beralih ke diet 1.600 kalori, tinggi MUFA, mereka kehilangan sepertiga dari lemak perut mereka dalam sebulan.

Atasi dengan: Dapatkan MUFA dengan mengonsumsi segenggam kacang, satu sendok makan minyak zaitun, atau seperempat alpukat.

Anda Sedang Mengalami Stres

Wanita yang mengalami stress lebih mungkin memiliki masalah lemak di perut. Sebuah penelitian di Universitas Rush University yang baru-baru ini mengatakan ada kaitannya antara depresi dengan berkurangnya aktivitas fisik dan kebiasaan makan yang buruk.

Atasi dengan: Olahraga. Olahraga akan meningkatkan kadar bahan kimia di otak yang mengatur metabolisme lemak, dan juga mood Anda. Hal ini meningkatkan motivasi Anda yang membantu menangkal depresi.

Camilan Tidak Sehat

Karbohidrat sederhana (seperti keripik) dan tambahan gula (pada barang seperti minuman manis) menyebabkan gula darah Anda melonjak, yang memicu banjir insulin yaitu hormon yang mendorong hati Anda untuk menyimpan lemak di bagian tengah tubuh Anda.

Atasi dengan: Usahakan untuk konsumsi camilan sehat seperti buah, sayur, greek yogurt.

Anda Kekurangan Mineral

Magnesium mengatur lebih dari 300 fungsi dalam tubuh. Tidak mengherankan sebuah studi tahun 2013 menemukan bahwa orang-orang yang mengonsumsinya lebih banyak memiliki kadar gula darah dan insulin yang rendah.

Atasi dengan: Paling sedikit dua kali sehari, konsumsi makanan kaya magnesium seperti sayuran berdaun hijau, pisang, dan kedelai.

Anda Terpikat Pada Soda Diet

Sebuah studi di Obesity menemukan bahwa peminum soda diet lebih cenderung memiliki persentase lemak yang tinggi dalam perut mereka. Para periset mengatakan bahwa peminum diet soda merasa sudah mengurangi gula dalam soda sehingga dan dapat makan berlebihan.

Atasi dengan: Tentu saja kurangi konsumsi soda diet dan jika Anda belum siap menendang kebiasaan Anda, para periset menyarankan mengurangi jumlah kalori makanan Anda.

Anda Suka Burger

Burger mengandung lemak jenuh tinggi. Ketika peneliti Swedia memberi satu kelompok orang dewasa 750 kalori tambahan, terutama dari lemak jenuh, dan kelompok lain dengan kalori dalam jumlah yang sama tetapi kebanyakan dari asam lemak tak jenuh ganda (PUFA) selama tujuh minggu, kelompok lemak jenuh mengumpulkan dua kali lebih banyak lemak viseral .

Atasi dengan: Biasakan untuk makan salmon seminggu sekali untuk mendapatkan dosis PUFA yang baik. Selebihnya, kurangi asupan daging merah dan pilih protein rendah lemak jenuh, seperti kacang polong dan ayam.

Konsumsi Alkohol

Satu studi menemukan bahwa jumlah alkohol dari jenis apa pun yang dikonsumsi oleh wanita menyebabkan kenaikan berat badan terutama bagian perut.

Atasi dengan: Kurangi konsumsi alkohol, perbanyak minum air putih.

Anda Tidak Pernah Berolahraga

Bila Anda tidak berolahraga maka tumpukan lemak di bagian perut Anda akan susah hilang.

Atasi dengan: Berolahraga secara teratur, cukup 30 menit 3 kali dalam seminggu. Bila sudah terbiasa maka Anda bisa meningkatkan intensitasnya.

Makanan Anda Tidak Berwarna

Semakin banyak makanan berwarna di piring Anda maka semakin baik, ini maksudnya adalah Anda disarankan untuk konsumsi banyak buah dan sayur. Buah yang banyak mengandung vitamin C akan membantu mengurangi kadar kortisol. Terlebih lagi, sebuah studi baru-baru ini di The Journal of Nutrition menunjukkan bahwa orang yang makan lebih banyak nutrisi yaitu buah dan sayur merah, oranye, dan kuning memiliki perut yang lebih kecil sebagai hasilnya.

Atasi dengan: Anda bisa berimprovisasi setiap kali memasak, agar makanan yang Anda makan lebih bervariasi.

Olahraga Anda Tidak Tepat

Penelitian telah menunjukkan bahwa latihan interval intensitas tinggi, atau HIIT yaitu aktivitas yang kuat diikuti oleh aktivitas lembut atau istirahat singkat - memiliki manfaat mengecilkan perut. Latihan intensitas tinggi tampaknya lebih efektif untuk mengurangi insulin, trigliserida, dan kortisol, dan juga membakar lebih banyak kalori dalam waktu yang lebih singkat.

Atasi dengan: Jika Anda menikmati bersepeda atau berlari, misalnya, mempercepat kecepatan yang membuat Anda sulit berbicara selama dua menit; Lalu lambat sebentar, dan ulangi sampai selesai. Seperti latihan perlawanan? Cobalah serangkaian gerakan seperti jongkok atau push up selama dua menit masing-masing dengan istirahat 60 detik di antaranya.

Sumber: health

Nov 10  -  5 min read