Your browser does not support JavaScript!
Kutu Vs Ketombe: Apa Perbedaannya?
Kutu vs Ketombe: Apa Perbedaannya?

Kutu dan ketombe adalah dua kondisi yang paling sering mempengaruhi kulit kepala. Kedua keadaan ini sering menyebabkan keluhan yang sama, tetapi kutu dan ketombe jelas merupakan dua kondisi yang berbeda.

Kutu adalah parasit yang menular, sementara ketombe adalah kondisi yang ditimbulkan oleh kulit kepala itu sendiri. Anda tidak akan tertular ketombe dari orang lain, walaupun ketombe memiliki kecenderungan menurun secara genetik di keluarga. Dengan mengetahui perbedaan antara ketombe dengan kutu maka Anda akan dapat memberikan pengobatan yang tepat saat kulit kepala Anda bermasalah.

Penampilan
Kutu rambut dan ketombe sacara kasat mata terlihat sebagai partikel kecil berwarna putih yang ada di kulit kepala dan rambut sehingga bisa saling tertukar. Tetapi dengan penampakan yang lebih teliti akan terlihat jelas perpedaannya.

Ketombe yang dikenal sebagai dermatitis seboroika adalah mengelupasan dari kulit kepala Anda. serpihan ketombe dapat terlihat berminyak atau kering, berwarna putih atau kekuningan.
Sementara kutu bisa terdiri dari tiga bentuk:
1.  Telur
2.  Nimfa atau bentuk dewasa muda dari kutu
3.  Kutu dewasa, tetap dalam bentuk yang sangat kecil, seukuran biji wijen

Penyebab
Penyebab kutu dan ketombe juga sangat berbeda. Kutu merupakan salah satu jenis parasit yang dengan cepat menyebar melalui kontak langsung. Kutu rambut dapat ditularkan melalui baju, sprei, handuk, sisir, ikat rambut.

Sementara ketombe merupakan penyakit tidak menular dan merupakan kondisi inflamasi dari kulit kepala. Penyebab ketombe bisa berbagai macam mulai dari rambut berminyak, genetik atau psoriasis.

Gejala
Gatal adalah kondisi yang sering dikaitkan dengan ketombe dan kutu. Kutu mendapat makan dari darah manusia sehingga dia akan tetap berada didekat kulit kepala. Saliva dari kutu ini akan menyebabkan kulit kepala terasa gatal. Anda juga mungkin akan merasakan sensasi ada sesuatu yang berjalan di kulit kepala dan sekitar rambut Anda

Ketombe akan membuat kulit kepala terasa gatal saat kondisi kulit kepala sangat kering. Perbedaan yang paling jelas terlihat adalah ketombe dapat dengan mudah terlepas dengan disisir sementara kutu dapat melekat erat di batang rambut.

Shampo
Pengobatan untuk kutu dan ketombe sama-sama menggunakan shampo obat. Shampo dengan kandungan permetrin dan piretrin dapat digunakan untuk membasmi kutu dan dapat digunakan juga pada anak-anak berusia lebih dari dua tahun.

Anda juga dapat mengatasi ketombe dengan menggunakan shampo yang dibuat khusus untuk memperlambat pengelupasan kulit kepala atau untuk mengobati infeksi jamur yang juga dapat menyebabkan kulit kepala mengelupas menjadi serpihan. Gunakanlah shampo dengan kandungan asam salisilat, ketokonazol atau selenium sulfida untuk mengontrol terjadinya ketombe.

Sumber: healthline

Dipo Hartono
Oct 18  -  3 min read