Your browser does not support JavaScript!
Kolesterol Dan Alkohol
Kolesterol dan Alkohol

Fokus utama memerangi penyakit serangan jantung adalah menurunkan tingkat kolesterol.

Tidak semua kolesterol buruk. Terdapat 2 tipe kolesterol yang beredar dalam darah. Low density lipoprotein (LDL) yang dikenal sebagai kolesterol jahant karena cenderung mengendap di pembuluh darah dan high density lipoprotein  (HDL) yang dikenal sebagai kolesterol baik, tang berfungsi menyapu kolesterol yang mengendap di pembuluh darah dan melindungi dari serangan jantung.

Para dokter menyarankan untuk menjaga kadar kolesterol LDL anda tetap rendah ( maksimal kurang dari 100mg/dl) dan meningkatkan kadar HDL anda (60mg/dl atau lebih tinggi lagi. Anda mungin pernah mendengar jika meminum segelas atau dua gelas anggur setiap hari dapat meningkatkan kadar HDL dan menurunkan resiko terkena serangan jantung. Mitos tersebut benar adanya, alkohol baik untuk kesehatan jantung jika dalam kadar yang normal, karena bagaimanapun alkohol juga dapat menimbulkan masalah kesehatan yang lain.

 

Alkohol meningkatkan kadar kolesterol HDL

Beberapa penelitian mengungkapkan, pada beberapa orang yang meminum alkohol dalam jumlah yang wajar memiliki tingkat serangan jantung yang sangat rendah dan bahkan memiliki angka kematian lebih rendah dibanding orang yang tidak meminum alkohol sama sekali.

Anggur merah merupakan alkohol dengan terbaik yang dapat menurunkan resiko serangan jantung dan menurunkan angka kematian karena anggur merah mengandung kandungan kimia yang berasal dari tumbuh-tumbuhan seperti resveratrol yang merupakan suatu antioksidan yang melindungi dinding pembuluh darah arteri.

Peneliti meyakini jika keunggulan utama dari alkohol menurunkan angka kematian karena serangan jantung karena alkohol menaikkan kadar kolesterol HDL yang mampu menyingkirkan endapan-endapan di pembuluh darah dan menurunkan tanda-tanda inflamasi.

Resiko meminum alkohol

Sebelum anda memesan anggur atau bir dan memasukkannya ke tubuh anda, tentunya anda sudah mengetahui jika alkohol tidak seluruhnya baik untuk kesehatan anda. Mengkonsumsi terlau banyak alkohol sebenarnya juga berbahaya bagi jantung anda karena dapat mengakibatkan sakit jantung dan stroke, meningkatkan tekanan darah, menimbulkan obesitas dan meningkatkan kadar trigliserida dalam darah.

Meminum alkohol secara terus menerus juga dapat menyebabkan cardiomiopati dan irama jantung yang tidak teratur (aritmia) dan stroke. Bahkan alkohol dalam jumlah berlebihan dapt menyebabkan jantung tidak dapat memompa darah secara efisien, kondisi ini dikenal sebagai congestive heart failure.

Meminum alkohol juga memiliki sisi negative, termasuk meningkatkan resiko terjadinya kanker, sirosis hati dan meningkatkan resiko terjadinya kecelakaan. Oleh karena itu American Heart Association (AHA) tidak merekomendasikan anda untuk memulai minum alkohol atau minum alkohol lainnya jika alasannya hanya untuk menurunkan kadar kolesterol anda atau untuk kesehatan jantung. American Heart Association (AHA) merekomendasikan untuk menjaga berat badan anda, menjaga pola makan sehat dan olahraga teratur untuk menjaga kadar kolesterol anda dalam kadar yang normal.

Jika anda berencana untuk meminum alkohol, konsultasikanlah ke dokter anda. Minum alkohol dalam kadar yang normal – artinya segelas anggur atau bir untuk wanita dan satu atau dua gelas untuk pria – untuk orang=orang tertentu, misalnya ibu hamil dan orang yang mengkonsumsi obat secara teratur sebaiknya menghidari alkohol.

 

Sumber : webmd

 

Dec 26  -  3 min read