Your browser does not support JavaScript!
Kolesterol Anda Tinggi? Waspada Risiko Kanker Prostat
Kolesterol Anda Tinggi? Waspada Risiko Kanker Prostat

Kanker prostat merupakan salah penyakit yang semakin meningkat jumlahnya dewasa ini.
Emma Allot, PhD, pascadoktoral dari Fakultas Kedokteran Universitas Duke, Durham dan para rekannya melakukan sebuah penelitian untuk mencari tahu hubungan antara kadar kolesterol yang tinggi dengan kejadian kanker prostat
Dilakukan penelitian dengan melakukan pemeriksaan kadar lemak pada 843 pria yang mengalami kanker prostat dan sudah menjalani operasi prostatektomi (prosedur pembedahan yang melakukan pengangkatan kelenjar prostat dan beberapa jaringan di sekitarnya).
Dari 843 pria, sekitar 588 pria memiliki kadar lemak darah yang abnormal (325 pria memiliki kadar kolesterol abnormal dan 263 pria memiliki kadar trigliserida yang abnormal). Dari kelompok tersebut didapatkan ada sekitar 293 pria yang mempunyai hasil PSA (Prostat Spesifik Antigen) meningkat dan adanya kekambuhan kanker prostat
Hasil analisis menunjukkan bahwa pria yang memiliki kadar trigliserida 150 mg / dL atau lebih tinggi (tingkat normal didefinisikan sebagai 150 mg / dL atau lebih rendah) adalah sekitar 35% lebih mungkin mengalami kekambuhan kanker prostat dibanding dengan pria yang memiliki kadar trigliserida yang normal.
Di antara pria dengan kadar kolesterol total 200 mg / dL atau lebih tinggi, setiap kenaikan 10mg / dL kadar kolesterol akan meningkatkan risiko terjadinya kekambuhan kanker prostat sekitar 9%.
 Selain itu untuk pria yang memiliki kadar kolesterol baik high density lipoprotein (didefinisikan sebagai di bawah 40 mg / dL), setiap peningkatan 10 mg / dL kadar HDL akan mengurangi risiko kekambuhan kanker prostat sebesar 39%.
Berdasarkan hasil penelitian, Allot mengatakan “hasil penelitian menunjukkan agar menjaga kadar lemak darah untuk mengurangi risiko kekambuhan kanker prostat”

Sumber: medicalnewstoday

Editor Dokter.id
Jan 15  -  2 min read