Your browser does not support JavaScript!
Kisah Kelas Yoga Online Untuk Wanita Menopause
Kisah Kelas Yoga Online untuk Wanita Menopause

Tak banyak wanita menopause mampu membuka diri atas kondisi yang dialaminya. Menopause kerap dijadikan sebagai sebuah kondisi yang cukup membuat wanita lemah dan merasa hancur. 

Kathryn Turner, wanita asal Inggris belakangan ini mampu membangkitkan semangat para wanita yang tengah masuk tahap menopause. Tindakan yang dilakukannya adalah dengan membuka sebuah kelas Yoga online.

Wanita berusia 50 tahun itu berinisiatif menjadi instruktur Yoga untuk menyemangati wanita lain, tujuannya agar mereka tidak merasa malu dalam proses menopause yang dialami. 

Menopause kerap kali memberikan gejala kepada wanita yang sedang berada di tahap tersebut. Pada umumnya, mereka akan merasa berkeringat berlebih di malam hari, merasa hot flashes (perasaan panas pada bagian wajah, dada, hingga leher secara tiba-tiba), hingga perubahan mood dan gangguan kecemasan. 

Awalnya, Kathryn Turner sempat kesulitan dalam melawan gejala yang disebabkan oleh menopause. Adanya kesulitan tersebut membuat dirinya pergi ke tempat kursus Yoga untuk menopause. "Aku sempat kesulitan menghadapi gejala menopause dan aku merasa luar biasa ketika berbicara dengan wanita lain yang juga menghadapi hal yang sama," ujar Turner dilansir dari laman Daily Post UK. 

Semenjak itu, dirinya membuka sebuah kursus Yoga secara online untuk mendukung para wanita yang berada di situasi tersebut. "Tujuanku dalam membuka kursus Yoga secara online adalah untuk mendukung sesama wanita – suara wanita butuh didengar," tambahnya. 

Turner telah mencapai tahap menopause. Ia mengakui bahwa dalam menjalani tahapan ini bukanlah tahapan yang mudah. Meski bukan menjadi tahap yang mudah, Turner mengaku bahwa dengan mengikuti kursus Yoga untuk menopause dirinya merasa jauh lebih baik. 

"Aku ingin para wanita mengetahui bahwa mereka tidak perlu untuk berdiam diri atau merasa malu ketika berada di dalam tahap menopause. Ini adalah hal yang normal dan wajar untuk tiap wanita menghadapi ini dan beberapa wanita membutuhkan pertolongan untuk mengendalikan tahapan atau proses menopause," ujar Turner. 

Women support women!

 

Digital Dokterid
Oct 18  -  2 min read