Your browser does not support JavaScript!
Ketergantungan Pada Ganja Sebabkan Penurunan Kecerdasan
Ketergantungan Pada Ganja Sebabkan Penurunan Kecerdasan

Mengalami ketergantungan pada ganja sebelum berusia 18 tahun dapat menyebabkan kerusakan jangka panjang dan permanen pada kecerdasan, konsentrasi, dan daya ingat pengguna.

Pada penelitian ini, para peneliti mengamati lebih dari 1.000 orang di New Zealand yang telah mulai menggunakan ganja pada usia remaja dan terus menggunakannya hingga bertahun-tahun kemudian.

Para peneliti menemukan bahwa para pengguna ganja ini mengalami penurunan IQ hingga 8 poin saat berusia 38 tahun bila dibandingkan dengan nilai IQ mereka saat berusia 13 tahun.

Selain itu, para peneliti juga menemukan bahwa berhenti menggunakan ganja tidak dapat mengembalikan kecerdasan, konsentrasi, dan daya ingat pada keadaan yang normal.

Kunci utama penyebab timbulnya gangguan kecerdasan pada pengguna ganja adalah sejak kapan mereka mulai menggunakan ganja dan bagaimana proses perkembangan otak mereka.

Para peneliti menemukan bahwa peserta penelitian yang tidak menggunakan ganja saat remaja dan baru mulai menggunakannya saat mereka telah dewasa dan otaknya telah berkembang sempurna tidak mengalami gangguan kecerdasan, konsentrasi, maupun daya ingat seperti yang dialami oleh para pengguna ganja yang mulai menggunakan ganja saat mereka masih remaja, di saat otak belum berkembang dengan sempurna sehingga membuatnya lebih rentan terhadap kerusakan yang diakibatkan oleh ganja dan obat-obatan lainnya.

Pada penelitian ini, para peneliti mengamati sekitar 1.037 orang anak-anak yang lahir pada tahun 1972-1973, mulai dari mereka lahir hingga mereka berusia 38 tahun.

Pada saat para peserta penelitian berusia 38 tahun, para peneliti meminta mereka untuk menjawab berbagai pertanyaan psikologis yang menilai daya ingat, kemampuan menganalisis, dan kemampuan analisis visual.

Para peneliti menemukan bahwa orang yang menggunakan ganja sejak remaja memiliki nilai yang sangat buruk pada hampir semua tes psikologis yang dilakukan. Selain itu, anggota keluarga dan teman-teman pengguna ganja mengatakan bahwa para pengguna memiliki daya konsentrasi dan daya ingat yang buruk.

 

 

Sumber: healthmeup

Editor Dokter.id
Sep 12  -  2 min read