Bagi Anda yang bekerja di lingkungan kantor, sebagian besar hari Anda duduk di belakang meja dan menatap layar komputer. Bekerja sekitar 40 jam setiap minggunya. Stres dan tuntutan pekerjaan membuat Anda lebih fokus kepada pekerjaan Anda dan bukan pada keadaan fisik Anda. Untuk mendapatkan tubuh yang lebih sehat hindari kebiasaan-kebiasaan buruk yang sering dilakukan dikantor, seperti :
Meja kerja berantakan dapat menyebabkan stres dan menurunkan efisiensi Anda di tempat kerja. Selain itu, meja, telepon, dan komputer dapat menyimpan kuman. Sekali setiap minggu, bersihkanlah ruang kerja Anda dengan tisu antibakteri. Dengan mengatur meja kerja Anda akan yang meminimalkan ketegangan pada tubuh Anda.
Anda mungkin menghabiskan lebih banyak waktu di depan meja Anda daripada tempat lain.
Sehingga duduklah dengan benar. Sesuaikan tinggi kursi Anda sehingga kaki Anda memijak di lantai dan lutut dan lengan berada pada sudut 90 derajat. Sesuaikan posisi layar komputer Anda sehingga tepat di depan mata Anda, kemudian miringkan layar komputer sedikit ke atas ke arah mata. Tempatkan siku pada sudut kanan saat mengetik pada keyboard Anda.
Saat Anda duduk terlalu lama, tubuh dan pikiran akan tertidur, seperti ketika Anda melewatkan waktu makan. Sebaiknya sekali setiap jam, Anda harus bangun untuk berjalan-jalan atau peregangan. Hal ini akan membuat darah mengalir melalui tubuh Anda (dan otak Anda). Ambil setiap kesempatan untuk menjauh dari meja Anda. Sekedar untuk memanggil rekan kerja atau mengirim email, berjalan di kantor untuk menyampaikan pesan secara pribadi.
Kegiatan yang satu ini memang disukai terutama kaum hawa. Namun drama di tempat kerja tidak hanya menghambat produktivitas, juga dapat mempengaruhi moral sehingga menyebabkan stres dan masalah psikologis bagi mereka yang terlibat. Cobalah untuk menghindari gosip yang dikenal di kantor, dan jika Anda menemukan informasi pribadi tentang rekan kerja, simpanlah untuk diri sendiri.
Di pagi dan sore hari makanan ringan dianjurkan untuk menjaga pikiran Anda untuk tetap fokus dan berenergi. Selain dapat menjaga nafsu makan sehingga Anda tidak akan berlebihan saat makan siang atau makan malam. Daripada Anda makan sekantong keripik (yang tinggi bahan pengawet) lebih baik Anda mengonsumsi sepotong buah
Apabila Anda melewatkan makan siang, Anda akan kekurangan energi yang dibutuhkan untuk berpikir dan fokus. Dan akan membuat Anda makan berlebihan saat malam hari.
Saat makan siang adalah waktu yng tepat untuk mengistirahatkan pikiran Anda. Dan apabila saat Anda makan di meja kerja Anda dan tidak bisa membersihkan dengan baik, meja kerja Anda akan menjadi sumber kuman.
Dengan minum air putih tidak hanya menjaga tubuh dan pikiran bekerja secara efisien, juga menurunkan nafsu makan Anda sehingga Anda akan terhindar untuk mengunyah makanan ringan yang tidak sehat.
Keseimbangan hidup dan kerja yang sehat sangat penting untuk membuat Anda berenergi dan produktif. Cobalah untuk membatasi jam kerja Anda dan melakukan yang terbaik untuk mengatur waktu Anda. Manfaatkan waktu Anda untuk beristirahat yang cukup.
Sumber : healthline