Your browser does not support JavaScript!
Kabar Baik Para Ibu Hamil!, Ternyata Muntah Di Pagi Hari Adalah Tanda Kehamilan Yang Sehat
Kabar Baik Para Ibu Hamil!, Ternyata Muntah Di Pagi Hari Adalah Tanda Kehamilan Yang Sehat

Tidak ada wanita hamil yang akan pernah menikmati muntah di pagi hari. Akan tetapi sebuah studi baru dapat membuat Anda merasa lebih lega, dimana ditemukan  bahwa morning sickness bisa jadai adalah tanda kehamilan yang sehat. Para peneliti di NIH’s Eunice Kennedy Shriver National Institute of Child Health and Human Development (NICHD)  baru-baru ini mengatakan bahwa wanita yang mengalami mual dan muntah selama masa kehamilan cenderung lebih kecil kemungkinan mengalami keguguran.

Untuk penelitian ini, menggunakan data dari studi tentang efek aspirin pada reproduksi, para peneliti NICHD melihat 797 wanita hamil yang dilacak seberapa sering mereka merasa mual atau muntah pada masa kehamilan minggu kedelapan. Ditemukan sekitar 188 wanita mengalami keguguran, peneliti menemukan bahwa wanita yang merasa mual atau muntah 50-75% lebih rendah mengalami keguguran.

Yang dirilis dalam penelitian mengatakan bahwa para peneliti belum menemukan apa hubungan yang pasti antara morning sickness dengan kesehatan saat hamil, tetapi yang didapat dari penelitian adalah dengan morning sickness. Hal ini akan membantu tubuh untuk mengusir bahan kimia yang mungkin berbahaya untuk ibu atau janin. Menurut hipotesis dari penelitian ini, morning sickness adalah jenis muntah yang berguna untuk membersihkan diri dari kafein, alkohol, atau racun yang telah tertelan dan bisa menyakiti janin. Yang akan membantu memahami fakta bahwa mereka yang sering muntah selama beberapa bulan pertama kehamilan cenderung lebih kecil mengalami keguguran, karena tubuh mereka melakukan pertahanan.

Penelitian ini mungkin tidak akan membuat muntah setiap pagi saat hamil terasa menyenangkan, tapi setidaknya ini bisa menjadi kabar baik untuk mereka yang terserang morning sickness. Sehingga menjadi lebih semangat dalam menjalani masa kehamilan. Biasanya keluhan morning sickness akan berkurang pada saat sudah memasuki trimester kedua yaitu mulai dari kehamilan minggu ke 13. Jadi tetap semangat ya para calon ibu.

 

Ingin tahu informasi lebih lanjut mengenai topik ini? Tanya langsung ke dokter Kami di fitur Tanya dokter sekarang

Sumber: washingtonian

Dipo Hartono
Aug 16  -  2 min read