Your browser does not support JavaScript!
Jenis Obat Yang Paling Sering Menyebabkan Kecanduan
Jenis Obat yang Paling Sering Menyebabkan Kecanduan

Hanya karena obat tersebut diresepkan oleh dokter dan dikeluarkan oleh farmasi, bukan berarti obat tersebut aman untuk dikonsumsi semua orang. Dengan meningkatnya angka peresepan obat maka kemungkinan munculnya penyalahgunaan obat resep juga meningkat.

 

Tipe obat yang paling banyak disalahgunakan
Secara umum jenis obat farmasi yang paling banyak menimbulkan penyalahgunaan dibagi menjadi tiga kategori, yaitu:
•  Opioid
Merupakan jenis obat yang dapat menimbulkan efek eforia saat digunakan untuk mengurangi rasa nyeri akut maupun kronik
•  Obat depresan sistem syaraf pusat
Obat depresan sistem syaraf pusat juga dikenal sebagai tranquilizers atau obat antidepresan. Yang termasuk obat ini adalah barbiturat dan benzodiazepin merupakan jenis obat yang paling banyak disalahgunakan karena obat ini dapat menimbulkan efek menenangkan dan rileks, seperti selimut hangat yang melingkupi otak.
•  Obat stimulan
Obat stimulan dapat meningkatkan aktifitas otak sehingga dapat meningkatkan kesiagaan dan energi.

 

Xanax
Xanax (alprazolam) merupakan golongan benzodiazepin yang sering diresepkan untuk mengobati gejala panik dan gangguan kecemasan. Xanax memberikan ketenangan pada penggunanya karena xanax mendepresi sistem syaraf pusat yang tidak normal. Jika obat ini tidak dikonsumsi sesuai denga resep maka dapat menimbulkan bahaya karena efek sedasi dan penenang didalamnya.

 

Klonopin dan valium
Sama seperti xanax, klonopin dan valium dapat menimbulkan gejala sedasi. Efek yang didapat saat mengkonsumsi obat ini sama dengan meminum alkohol seperti gejala mabuk, senang berbicara dan merasa rileks.

Klonopin dan valium dapat menyebabkan berbagai efek samping yang berat seperti pingsan dan bahkan kematian.

 

Oxycodone
Oxycodone atau sering dijual dengan merk dagang Oxycontin dan Percocet merupakan obat golongan opioid yang digunakan untuk meredakan nyeri. Selain nyeri obat ini dapat memberikan efek penenang sehingga banyak disalahgunakan.

 

Codein
Codein sering dikombinasikan dengan obat lain untuk mengurangi gejala nyeri dan batuk. Codein termasuk jenis obat golongan opioid yang diresepkan untuk mengurangi gejala batuk, tetapi jika dikonsumsi dalam dosis besar dapat menimbulkan efek sedasi

 

Amphetamine
Amphetamin sering digunakan untuk memperbaiki kondisi pasien dengan ADHD dan narkolepsi karena amphetamine dapat membuat penderita ADHD lebih fokus dan sadar. Tetapi amphetamin juga dapat meningkatkan energi seseorang sehingga banyak disalahgunakan



Sumber: healthline

Eko Siswanto
Feb 16  -  3 min read