Your browser does not support JavaScript!
Ingin Badan Kembali Langsing Seperti Sebelum Melahirkan? Cara Ini Ternyata Bisa Menjadi Jawabannya Lho..
Ingin Badan Kembali Langsing Seperti Sebelum Melahirkan? Cara Ini Ternyata Bisa Menjadi Jawabannya Lho..

Seorang wanita yang sedang hamil biasanya akan mengalami peningkatan berat badan yang signifikan, bahkan bisa sampai 20 kg. Hal ini adalah hal yang biasa, tapi biasanya para wanita akan merasa mulai kebingungan setelah selesai melahirkan, terlebih bila ternyata setelah melahirkan berat badan hanya berkurang sedikit.

Nah untuk para ibu muda jangan merasa khawatir, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan kembali berat badan Anda dan mendapat badan ideal Anda kembali.

Berikut adalah caranya:

Diet yang tepat

Untuk menurunkan berat badan, maka Anda harus membakar kalori lebih banyak dari makanan yang Anda konsumsi setiap harinya. Untuk menurunkan berat badan Anda sekitar ½ kg dalam seminggu maka Anda harus mengurangi asupan sekitar 500 kalori.

Fokus pada makanan produk susu rendah lemak, protein tanpa lemak, biji-bijian, buah-buahan, sayuran. Mengurangi atau menghilangkan makanan seperti minuman ringan, makanan siap saji dan makanan yang digoreng, yang tinggi kalori dan lemak. Selain itu, Anda harus minum setidaknya 8 gelas air sehari untuk membantu membuang lemak Anda dan  menurunkan berat badan.

Olahraga

Lakukan selama 30-40 menit, olahraga kardio yang difokuskan pada daerah paling banyak lemak berada usahakan untuk melakukannya 5 kali dalam sehari. Seperti contoh Anda bisa mencoba untuk bersepeda, jogging atau jalan-jalan dengan bayi kesayangan Anda.

Latihan kekuatan

Latihan kekuatan akan membantu mengecilkan bagian tubuh yang cepat menggelambir karena kenaikan berat badan misal daerah lengan. Lakukan setidaknya 2 kali dalam seminggu. Latihan kekuatan akan membantu membakar lemak. Hal ini dikarenakan latihan kekuatan akan meingkatkan tingkat metabolisme. Yang akan membuat otot Anda menjadi lebih kuat dan memberi tampilan yang lebih baik. Untuk  hasil terbaik maka lakukan tersebut dikombinasikan dengan lunges, step-up dan squat. Jangan lupa juga untuk melakukan latihan otot perut Anda dan tubuh bagian atas sebagai bagian dari latihan kekuatan yang rutin..

Cara diatas akan membantu Anda untuk menurunkan berat badan tapi tunggulah setidaknya enam minggu setelah melahirkan sebelum Anda mencoba untuk menurunkan berat badan. Bila Anda melakukannya terlalu cepat maka dapat merusak kesehatan Anda dan menganggu proses pemulihan. Sabar, berat badan Anda meningkat dalam waktu 6 bulan, maka tidak perlu terlalu cepat untuk menurunkannya kembali. Selain itu Anda masih masa menyusui sehingga masih harus memperhatikan asupan nutrisi yang Anda konsumsi. Tubuh Anda membutuhkan jumlah kalori yang cukup setiap hari untuk menjaga pasokan ASI. Jika Anda kehilangan berat badan terlalu cepat, tubuh akan menghasilkan lebih sedikit susu. Untuk mencegah hal ini, jangan sampai kehilangan lebih 1 kg setiap minggunya.

Baca juga: Cara Meringankan Hidung Mampet

Ingin tahu informasi lebih lanjut mengenai topik ini? Tanya langsung ke dokter Kami di fitur Tanya dokter sekarang

Sumber: livestrong

Sidik Suprayogi
Jun 22  -  3 min read