Your browser does not support JavaScript!
Ingat! Makanan Ini Tidak Boleh Dimakan Mentah
Ingat! Makanan Ini Tidak Boleh Dimakan Mentah

Ayam

Ayam mentah dapat mengandung banyak sekali kuman, yang dapat membuat Anda mengalami keracunan makanan bila dikonsumsi mentah. Oleh karena itu, pastikan bahwa Anda selalu memasak ayam Anda hingga matang. Anda juga tidak perlu mencuci ayam sebelum memasaknya karena kuman yang terdapat di dalamnya akan mati saat proses memasak. Selain itu, cipratan air bekas mencuci ayam justru dapat membuat seluruh dapur Anda tercemar kuman.

Yucca

Yucca atau akar singkong mengandung sianida atau sianogenik glikosida, yang merupakan racun berbahaya. Kandungan tertinggi dari racun ini terdapat pada daunnya, yang membuat daun singkong jarang dimakan oleh serangga atau hewan lainnya. Untuk membuat akar singkong bisa dimakan, akar singkong harus dikeringkan, direndam di dalam air, dicuci, dan dimasak segera setelah dipanen.

Telur

Walaupun telur mengandung banyak protein, akan tetapi telur mentah mungkin mengandung bakteri Salmonella. Bakteri ini menginfeksi sekitar 1 di antara 30.000 butir telur. Dan karena bakteri ini biasanya terdapat di dalam kuning telur, maka sebaiknya tidak pernah mengkonsumsi kuning telur setengah matang untuk terhindar dari infeksi Salmonella.

Biji Apel, Mangga, Peach, Pir, dan Aprikot

Jangan pernah mengkonsumsi biji buah-buahan karena biasanya biji buah mengandung amygdalin, yang akan berubah menjadi sianida di dalam tubuh Anda.

Kentang Hijau

Saat matahari terpapar oleh banyak sinar matahari, maka suatu zat kimia yang disebut dengan solanin dapat terbentuk cukup banyak di dalam kentang. Zat kimia ini beracun dan menimbulkan warna hijau pada kentang. Jika dikonsumsi, Anda dapat mengalami sakit kepala, merasa amat sangat lelah, mual, dan gangguan pencernaan. Oleh karena itu, simpanlah kentang di tempat yang dingin dan kering untuk mencegah terbentuknya zat ini.

Daging Babi

Daging babi memang tidak perlu dimasak hingga benar-benar matang, namun Anda harus memasaknya hingga setengah matang. Hal ini dikarenakan daging babi mengandung cacing pita yang dapat menyebabkan terjadinya gangguan kesehatan bila termakan oleh manusia.

Kacang Merah

Mengkonsumsi kacang merah mentah dapat membuat Anda mengalami mual, muntah, dan mengganggu pencernaan Anda. Hal ini dikarenakan kacang merah mengandung lectin, sebuah racun alamiah. Untuk menghilangkan racun ini, rendamlah kacang merah mentah di dalam air selama setidaknya 5 jam sebelum memasaknya.

Daun Rhubarb

Anda mungkin sudah pernah mendengar bahwa rhubarb bersifat racun bila dikonsumsi dalam keadaan mentah, namun sebenarnya daunnyalah yang berbahaya. Daun rhubarb mengandung sangat banyak racun, yaitu asam oksalat, yang bila dikonsumsi dapat menyebabkan kerusakan ginjal berat dan bahkan kematian.

 

Sumber: thedailymeal

Oct 24  -  3 min read