Your browser does not support JavaScript!
Infeksi Jamur Pada Kuku Kaki, Apa Yang Perlu Diketahui?
Infeksi Jamur Pada Kuku Kaki, Apa yang Perlu Diketahui?

Infeksi jamur pada kuku kaki merupakan infeksi yang masuk melalui retakan di dalam kuku atau melalui luka pada kulit Anda. Infeksi jamur pada kuku dapat membuat kuku berubah warna atau menjadi lebih tebal, tetapi juga dapat membuatnya terasa nyeri.

Karena jari kaki merupakan tempat yang hangat dan lembab, maka jamur pun mudah tumbuh di daerah tersebut. Berbagai jenis jamur dapat menyebabkan terjadinya infeksi jamur pada kuku kaki. Jika tidak diobati, infeksi ini dapat menyebar ke kuku kaki lainnya, kulit, atau bahkan hingga ke kuku tangan Anda.

 

Gejala yang Biasa Ditemukan

Kuku yang terinfeksi biasanya tampak lebih tebal daripada kuku normal dan tampak melengkung atau berbentuk aneh. Kuku yang terinfeksi juga mudah patah dan tampak kekuningan. Kadangkala, jamur dapat tampak seperti titik putih pada permukaan kuku yang akan menjadi semakin besar. Saat jamur berkembang biak di bawah kuku Anda, maka kuku dapat menjadi kendur dan bahkan terlepas. Jamur juga dapat menyebar ke kulit di sekitar kuku kaki Anda.

 

Siapa yang Beresiko?

Pria memiliki resiko yang lebih tinggi untuk mengalami infeksi kuku kaki dibandingkan dengan wanita. Selain itu, resiko infeksi jamur ini juga akan semakin meningkat seiring dengan semakin bertambahnya usia seseorang.

Beberapa orang lainnya yang memiliki resiko yang lebih tinggi untuk menderita infeksi jamur pada kuku kaki adalah:

  • Penderita diabetes
  • Menderita infeksi jamur pada kaki
  • Orang yang memiliki daya tahan tubuh yang lemah
  • Merokok
  • Memiliki anggota keluarga yang menderita infeksi jamur pada kuku kaki.

Selain itu, bila Anda sering berada di dalam air atau mengalami luka pada kuku kaki, maka resiko terjadinya infeksi jamur pada kuku kaki juga akan meningkat.

 

Apakah Saya Menderita Infeksi Jamur Pada Kuku?

Karena infeksi jamur pada kuku kaki dapat tampak seperti gangguan kulit lainnya seperti psoriasis, maka Anda mungkin membutuhkan bantuan seorang dokter untuk memastikan diagnosis. Dianjurkan agar Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit. Dokter mungkin akan memeriksan contoh kuku di laboratorium untuk mencari tahu jenis jamur atau apa yang menyebabkan terjadinya infeksi pada kuku kaki Anda.

 

 

Sumber: webmd

Dipo Hartono
Aug 16  -  3 min read