Your browser does not support JavaScript!
Hubungan Makanan Dengan Usus Sehat
Hubungan Makanan Dengan Usus Sehat

Saluran pencernaan Anda memiliki 100 trilyun bakteri. Para peneliti telah menemukan bahwa mikroba tersebut mempunyai masing-masing peran yang penting dalam mempengaruhi kesehatan. Sebagai contoh salah bakteri yang menguntungkan yang dikenal sebagai probiotik, telah terbukti:

  • Meningkatkan respon kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan
  • Menghasilkan vitamin, menyerap mineral dan menghilangkan racun
  • Mengontrol asma dan mengurangi risiko alergi
  • Mempengaruhi mood dan kesehatan mental
  • Menjaga berat badan

Selain itu bakteri yang menguntungkan juga mengontrol pertumbuhan bakteri penyebab penyakit. Hal ini penting karena bakteri patogen dan mikroba lainnya yang kurang menguntungkan dapat mengganggu kesehatan Anda selain itu juga dapat mempengaruhi berat badan Anda.

Ada satu hipotesis yang menyatakan bahwa mungkin bakteri usus Anda mengendalikan nafsu makan Anda. Sebuah penelitian terbaru menunjukkan adanya hubungan antara makanan yang Anda konsumsi dengan komposisi mikrobiota dalam usus Anda, karena ketergantungan mikrobiota tersebut pada nutrisi yang Anda konsumsi untuk kelangsungan hidup mereka.

Mikroba yang membutuhkan gula untuk berkembang akan memberi sinyal pada otak Anda untuk konsumsi lebih banyak permen. Penelitian lain menunjukkan bahwa bakteri tertentu yang ditemukan dalam usus dapat menyebabkan terjadinya gangguan produksi insulin dan mempengaruhi berat badan dengan memicu terjadinya peradangan kronis tingkat rendah dalam tubuh Anda. Pengolahan makanan, pasteurisasi, dan sterilisasi juga memiliki efek yang merugikan pada mikroba Anda. Untuk semua alasan ini maka sebaiknya Anda selalu mengkonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi bukan konsumsi makanan olahan.

Sumber: articlesmercola

Editor Dokter.id
Feb 17  -  2 min read