Your browser does not support JavaScript!
Hindari Iritasi Lensa Kontak Yang Sangat Berbahaya, Dengan Kiat Ini!
Hindari Iritasi Lensa Kontak yang Sangat Berbahaya, dengan Kiat ini!

Bagi yang memiliki mata minus atau plus, Ada beberapa tips aman memakai lensa kontak yang perlu kamu ketahui. Misalnya, hal pertama yang harus diperhatikan adalah ketika memilih produk lensa kontak, demi keamanan penggunaan, belilah produk lensa kontak ditempat terpercaya, misalnya optik atau datangi langsung dokter spesialis mata. Karena lensa kontak yang dijual ditempat-tempat sembarangan tidak terjamin kualitasnya dan bisa jadi berbahaya bila digunakan.

 

Selanjutnya perhatikan cara aman penggunaan. Memasang lensa kontak tidaklah sembarangan dan perlu ketelitian, gunakkan tangan yang biasa kamu gunakan untuk menulis, dan letakkan lensa kontak pada jari telunjuk. Gunakan jari tengah untuk menarik kelopak mata bawah, dan jari telunjuk ditangan satunya untuk menarik kelopak mata atas, dan letakkan lensa kontak pada bagian bawah putih mata. Setelah itu tutup mata dengan melepaskan kelopak mata, lensa kontak akan terpasang dengan sendirinya menyesuaikan ke posisi tengah. Kedipkan matamu, apabila pemakaian sudah nyaman, lakukan juga hal demikian untuk mata sebelahnya. Jika pemakaian belum nyaman, lepaslah dengan hati-hati dan ulangi lagi pemakaiannya.

 

Pemakaian lensa kontak yang aman juga harus didahului dengan memperhatikan tingkat kebersihannya. Pastikan kedua tangan harus dalam kondisi bersih untuk memasang lensa kontak. Selain itu rawat juga lensa setelah selesai digunakan. Bersihkan Lensa kontak dengan cairan steril agar ketika digunakan lagi bersih dari kotoran. Demikian beberapa tips aman memakai lensa kontak, yuk praktekkan, dan jaga kesehatan matamu ;)

Baca juga: Bakteri Di Cairan Pembersih Lensa Kontak

Sumber: Sehatology

Editor Dokter.id
Jun 27  -  2 min read