Your browser does not support JavaScript!
Heboh Wabah Salmonella Di Cokelat Kinder, Ini Tanggapan Bpom Ri
Heboh Wabah Salmonella di Cokelat Kinder, Ini Tanggapan BPOM RI

Baru-baru ini heboh wabah salmonella yang muncul dari cokelat Kinder. Kasus tersebut bermula di Inggris dan diikuti oleh negara-negara lain seperti Irlandia, Prancis, Jerman, Belgia, Luksemburg, Belanda, Norwegia, Swedia, hingga yang terbaru adalah negara tetangga, Singapura.

Keberadaan salmonella menyebabkan sejumlah negara menarik produk Kinder hingga memberikan pengembalian uang penuh apabila melaporkan kepada pihak perusahan cokelat tersebut, yakni Ferrero.

Mengutip dari Wakefield Express, batch produk Kinder Surprise merupakan produk satuan (20g) dan multipak (20g x 3) dengan kadaluarsa antara 11 Juli 2022 dan 7 Oktober 2022. FSA mengatakan bahwa gejala yang disebabkan oleh salmonella biasanya meliputi demam, diare, dan kram pada perut bagian bawah.

Terkait masalah tersebut, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM RI) membuka suara dan menekankan akan menjalankan sejumlah langkah terkait cokelat Kinder yang terkontaminasi salmonella. Tak hanya itu, mengutip Detik, BPOM pun menegaskan bahwa izin edar produk cokelat tersebut di Indonesia berbeda dan tidak diproduksi oleh produsen yang melaporkan kasus salmonella.

"Untuk ini BPOM sudah mengambil langkah-langkah, walaupun yang beredar dan mendapat izin edar BPOM bukan berasal dari pabrik yang sama," kata Kepala BPOM RI Penny K Lukito dikutip dari Detik. 

Untuk saat ini, BPOM akan menghentikan peredaran cokelat Kinder di Indonesia untuk sementara waktu hingga dapat dipastikan bahwa cokelat tersebut tak terkontaminasi bakteri salmonella. Pemberhentian peredaran ini dilakukan guna mengantipasi serta melindungi masyarakat. 

"Badan POM akan mengentikan peredaran produk merek Kinder untuk sementara waktu, sampai dipastikan produk tersebut tidak mengandung bakteri salmonella. BPOM mengawal dan memastikan penghentian peredaran tersebut dilakukan sesuai dengan prosedur yang berlaku," tercantum dalam keterangan resmi BPOM.

Perlu dicatat bahwa ada empat jenis cokelat Kinder yang telah ditarik dari peredaran di sejumlah negara yang tidak terdaftar di BPOM, yakni Kinder Surprise, Kinder Mini Eggs, Kinder Schokobons, dan Kinder Egg Hunt Kit.

Gejala salmonella biasanya muncul dalam 12 hingga 96 jam setelah terpapar. Infeksi salmonella umumnya dapat disembuhkan dalam 5-7 hari.

Orang-orang tertentu lebih rentan terinfeksi salmonella yang serius. Orang-orang ini termasuk anak-anak yang kurang dari 5 tahun, orang dewasa yang berusia 65 tahun ke atas, dan orang-orang yang sistem kekebalannya melemah karena kondisi medis tertentu (seperti diabetes, penyakit hati atau ginjal, dan kanker) atau perawatan mereka.

Digital Dokterid
Apr 11  -  2 min read