Your browser does not support JavaScript!
Hamil 7 Bulan? Hindari Makanan Berikut Ini…
Hamil 7 Bulan? Hindari Makanan Berikut Ini…

Dada terasa panas seperti terbakar (heartburn), kaki dan tangan bengkak, amat sangat lelah, dan sembelit merupakan berbagai keluhan yang sering dialami oleh para ibu hamil yang telah memasuki trimester terakhir kehamilan.

Untuk mencegah Anda mengalami berbagai gejala di atas atau setidaknya membantu meringankan gejala, Anda harus menghindari beberapa jenis makanan tertentu. Di bawah ini Anda dapat melihat makanan apa saja yang harus Anda hindari untuk mencegah atau mengurangi terjadinya berbagai gejala tidak mengenakkan di atas.

 

Baca juga: Perkembangan Kehamilan Anda (Minggu 35-40)

 

Makanan Tinggi Lemak dan Pedas

Untuk memastikan agar Anda tidak perlu mengalami heartburn, Anda harus menghindari berbagai jenis makanan yang digoreng karena makanan ini mengandung banyak lemak. Anda juga harus menghindari makanan pedas yang dapat memicu terjadinya heartburn. Selain itu, dianjurkan untuk tidak makan berat saat makan malam agar tidak terjadi heartburn di malam hari.

 

Makanan yang Diasinkan

Perut kembung dan pembengkakan pada kaki dan tangan dapat dicegah dengan mengkonsumsi cukup air putih. Pastikan Anda selalu mengkonsumsi banyak air putih. Selain itu, Anda juga harus mengurangi konsumsi garam (natrium). Beberapa makanan yang mengandung banyak garam adalah keripik kentang, saus tomat, makanan kalengan, acar, dan berbagai jenis saus lainnya.

 

Kafein, Alkohol, dan Rokok

Anda mungkin sudah tahu bahwa ketiga hal ini perlu dihindari saat Anda sedang hamil. Berbagai jenis minuman berkafein dapat menyebabkan terjadinya sembelit dan membuat Anda merasa tidak nyaman, terutama pada trimester ketiga kehamilan. Alkohol dan rokok juga sangat berbahaya bagi kesehatan Anda dan bayi Anda.

 

Junk Food

Mengkonsumsi sedikit junk food saat ngidam tentu boleh-boleh saja, akan tetapi perlu diingat untuk tidak mengkonsumsi makanan yang satu ini secara berlebihan. Selain tidak sehat, makanan ini juga tidak mengandung banyak nutrisi.

 

Ingin tahu informasi lebih lanjut mengenai topik ini? Tanya langsung ke dokter kami di fitur Tanya dokter sekarang.

 

Sumber: momjunction

Eko Siswanto
Mar 01  -  2 min read