Your browser does not support JavaScript!
Gejala Sepele Ini Ternyata Bisa Menjadi Tanda-tanda Kista Ovarium
Gejala Sepele Ini Ternyata Bisa Menjadi Tanda-tanda Kista Ovarium

Kesehatan reproduksi wanita sangat penting untuk di jaga, termasuk kesehatan ovarium yang berfungsi menghasilkan sel telur pada wanita setiap bulannya. Ovarium yang terganggu bisa menyebabkan kista. Kista merupakan penyakit yang sering kali terjadi pada reproduksi wanita, sebenarnya wanita dan pria memiliki kista.

Apa itu kista ovarium? Kista ovarium merupakan tunmor jinak yang berupa pembesaran pada ovarium. Ovarium pada wanita harus benar-benar dijaga karena ovarium merupakan bagian yang paling penting.

Jadi sebenarnya gejala kista ovarium itu apa saja sih? Simak gejala dibawah ini!

  • Ingin kencing terus
    Biasanya gejala pada beberapa wanita merasa lebih sering ingin buang air kecil, tetapi ketika ingin buang air kecil tidak bisa melakukannya, hal ini disebabkan karena kista menyumbat saluran kencing.
  • Siklus haid berantakan
    Kista ovarium bisa mempengaruhi ketidakseimbangan pada hormone, contohnya seperti siklus haid menjadi berantakan atau tidak teratur. Biasanya darah haid akan lebih sedikit atau bisa jadi lebih banyak dari yang biasanya.
  • Sakit pada panggul
    Dari banyak kasus kista ovarium biasanya berukuran kecil, terkadang kista juga bisa mengecil sendirinya. Tetapi kista juga bisa membesar, nah jika sudah membesar bisa menimbulkan rasa nyeri pada panggul atau menyebabkan kembung pada perut. Nyeri pada perut akan terasa kram saat akan haid.
  • Bagian perut sesak
    Kista ovarium menyebabkan rasa sesak pada perut, hal ini disebabkan karena kista memiliki massa dan bisa memberikan rasa tekanan. Rasanya sama seperti sedang sembelit.
  • Ada pembengkakan
    Pembengkakan pada tubuh terjadi karena ada sesuatu yang tidak normal pada bagian tubuh. Biasanya wanita mengalami kista yang berukuran 10 cm. Terkadang kista bisa tumbuh menjadi besar seperti ukuran semangka. Tetapi banyak yang menganggap bahwa hal ini merupakan pertambahan berat badan bukan sebagai kista ovarium. Efek nyeri pada perut dan kembung bisa menjadi pertanda kista ovarium.

Baca juga: Segala Hal yang Anda Ingin Ketahui Tentang Kista Ovarium

Ingin tahu informasi lebih lanjut mengenai topik ini? Tanya langsung ke dokter kami di fitur Tanya dokter sekarang.

Digital Dokterid
Jun 11  -  2 min read