Your browser does not support JavaScript!
Gejala Dan Penyebab Kanker Jantung
Gejala dan Penyebab Kanker Jantung

Apakah Anda pernah mendengar istilah kanker jantung? Mungkin jenis kanker yang satu ini terdengar asing, akan tetapi sebenarnya semua bagian tubuh dapat mengalami pertumbuhan abnormal atau kanker.

Kanker memang jarang sekali mengenai jantung. Akan tetapi, bila hal ini terjadi, maka kanker dapat bersifat sangat fatal. Kanker pada jantung seringkali merupakan sebuah sarkoma. Sarkoma merupakan tumor ganas yang biasanya berkembang di dalam tulang atau jaringan lunak seperti otot, saraf, lemak, atau pembuluh darah.

Karena kanker jantung biasanya tidak menunjukkan gejala yang jelas pada awalnya, maka pengobatan pun seringkali terlambat diberikan. Sel kanker dapat bertumbuh di mana pun pada jantung, yaitu pada permukaan jantung, di dalam salah satu atau lebih bilik jantung, atau di dalam otot jantung.

Sarkoma jantung cenderung terjadi pada orang dewasa muda, yaitu antara usia 20-40 tahun. Akan tetapi, kanker jantung merupakan jenis kanker yang amat sangat jarang terjadi.

 

Baca juga: Gejala Serangan Jantung Pada Wanita Berbeda Lho..Yuk Cek di Sini!

 

Hingga saat ini para ahli masih belum mengetahui penyebab pasti dari kanker jantung. Masih belum diketahui juga apakah gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat seperti merokok dapat meningkatkan resiko.

Gejalanya sendiri biasanya berbeda-beda, tergantung pada lokasi kanker. Jika kanker berkembang di dalam kedua ruang jantung kanan (bilik dan serambi), maka akan terjadi gangguan aliran darah yang masuk ke dalam jantung dari seluruh tubuh, yang akan membuat penderita mengalami gejala gagal jantung kanan seperti pembengkakan pada kaki, telapak kaki, dan pergelangan kaki.

Jika sel kanker terbentuk di dalam otot jantung, maka kemampuan pompa jantung biasanya akan terpengaruh. Akibatnya, penderita akan mengalami gejala serangan jantung seperti nyeri dada, sesak napas, fatigue (rasa amat sangat lelah), dan berdebar-debar.

 

Gejala kanker jantung lainnya yang tidak spesifik adalah demam, penurunan berat badan, dan keringat malam.

Akan tetapi, karena penderita biasanya masih berusia cukup muda, tubuh mereka biasanya masih dapat mengkompensasi kegagalan kerja jantung, sehingga gejala biasanya tidak terlalu jelas dan penderita hanya merasa mudah lelah.

Namun, saat gejala sudah berlangsung cukup lama atau semakin berat, maka biasanya berbagai gejala yang disebutkan di atas akan mulai bermunculan sehingga penderita pun baru memeriksakan dirinya ke dokter. Sayangnya, pada saat gejala menjadi jelas, kanker biasanya sudah berukuran cukup besar. Selain itu, sarkoma juga merupakan jenis kanker yang cepat bertumbuh dan dapat menyebabkan kerusakan yang lebih besar sehingga pengobatan pun seringkali terlambat diberikan.

 

Ingin tahu informasi lebih lanjut mengenai topik ini? Tanya langsung ke dokter kami di fitur Tanya dokter sekarang.

 

Sumber: healthxchange

Eko Siswanto
Jan 26  -  3 min read