Your browser does not support JavaScript!
Fasting Hack! Tahan Puasa Dengan Konsumsi Oralit
Fasting Hack! Tahan Puasa dengan Konsumsi Oralit

Menginjak bulan Ramadan, umat Muslim diwajibkan untuk berpuasa selama satu bulan penuh, kecuali untuk mereka yang sedang sakit atau berhalangan. Berbuka puasa dan sahur menjadi dua waktu yang tepat untuk mengonsumsi makanan dengan gizi yang tepat.

Saat sahur, mungkin sebagian orang makan dengan porsi yang berlebihan untuk menghindari rasa lapar saat tengah menjalani aktivitas di siang hari, namun nyatanya hal tersebut tak terlalu berpengaruh.

Baru-baru ini, Oralit menjadi viral lantaran seseorang menyebutkan bahwa Oralit dapat membuat orang berpuasa seolah-olah terasa sedang tidak berpuasa. "Mulai dari sekarang, aku akan meminum Oralit saat sahur. Salah satu hack puasa dari dokter @sdenta," cuit pemilik akun @zulmipradana.

Oralit (Oral Rehydration Salts) merupakan larutan yang kerap digunakan untuk menghindari atau mengobati dehidrasi yang disebabkan oleh diare dan muntaber. Dikutip dari Hello Sehat, Oralit mengandung campuran garam, gula, dan air. Selain itu, Oralit juga mengandung senyawa natrium klorida, glukosa anhidrat, kalium kloridan, dan natrium bikarbonat.

Mengandung  elektrolit, dr Karin Wiradarma, MGizi, SpGK menjelaskan bahwa kandungan tersebut dapat membuat proses pengosongan lambung lebih lama dibandingkan hanya dengan meminum air putih biasa.

"Jadi, dengan adanya elektrolit yang sudah kita konsumsi sebelum berpuasa seharian sampai sore nanti buka lagi, itu membantu fungsi organ-organ tubuh. Jadi, dapat lebih seger, lebih nggak gampang capek, dan nggak gampang lemes," ungkapnya dikutip dari Detik.

Elektrolit juga terkandung di dalam minuman elektrolit kemasan. Meski demikian, elektrolit kemasan biasanya mengandung pemanis tambahan. dr Karin menegaskan bahwa aman untuk meminum Oralit saat sahur, tentunya dengan dosis yang sesuai, yakni satu hingga dua sachet saja. 

Digital Dokterid
Apr 05  -  2 min read