Your browser does not support JavaScript!
Efek Samping Terlalu Banyak Makan Almond
Efek Samping Terlalu Banyak Makan Almond

Kacang almond merupakan kudapan yang renyah dan enak. Anda bisa menaburinya di atas salad sebagai dressing atau dengan makanan lain. Mengkonsumsi almond dalam jumlah sedikit bisa memberikan manfaat kesehatan untuk Anda dan juga sangat baik untuk diet Anda, tetapi memakan almond terlalu banyak dapat menyebabkan efek samping tersendiri. Berikut adalah efek samping dari memakan kacang almond terlalu banyak.

 

Peningkatan berat badan

Mengkonsumsi almond terlalu banyak dapat memicu peningkatan berat badan. Rekomendasi konsumsi almond adalah 28,3 gram. Almond merupakan kacang yang mengandung kalori tinggi sebanyak 163 kalori dan lemak sebanyak 14 gram per 28 gram penyediaannya.

 

Interaksi obat-obatan

Almond mengandung mangaan yang sangat tinggi. Setiap 28 gram mengandung 0,6 mg mangaan. Pada kondisi normal, hal ini sangat bermanfaat karena tubuh Anda memerlukan 1,8-2,3 mg mangaan untuk membantu tubuh Anda berfungsi dengan baik. Tetapi saat Anda mengkonsumsi almond terlalu banyak justru akan memicu munculnya interaksi obat karena peningkatan kadar mangaan didalam darah. Jumlah mangaan yang tinggi didalam darah dapat berinteraksi dengan berbagai obat misalnya saja antasida, obat laxative, obat tekanan darah tinggi dan beberapa jenis antibiotika.

 

Overdosis vitamin E

Almond juga merupakan bahan makanan yang mengandung vitamin E, sehingga bisa menyediakan proteksi antioksidan yang cukup untuk Anda. Setiap 28 gram almond mengandung 7,4 mg vitamin E. Saat Anda terlalu banyak mengkonsumsi almond dan disertai makanan lain yang diperkaya vitamin E seperti bayam, sereal dan telur dapat meningkatkan resiko kelebihan vitamin E. Terlalu banyak vitamin E didalam tubuh dapat menyebabkan tubuh lemas, penglihatan kabur, nyeri kepala, diare dan buang gas.

 

Masalah pencernaan

Setiap 28 gram almond mengandung 3,5 gram serat yang mampu mencukupi kebutuhan serat Anda perhari. Terlalu banyak serat justru dapat menimbulkan masalah pencernaan seperti konstipasi dan perut kembung, karena tubuh Anda tidak bisa memproses serat dalam jumlah terlalu banyak. Saat Anda mengkonsumsi almond, pastikan Anda meminum banyak air putih untuk membantu tubuh Anda mengatasi serat.

 

 

Sumber: livestrong

Eko Siswanto
May 11  -  2 min read