Your browser does not support JavaScript!
Cegah Terjadinya Diabetes Tipe 2 Dengan Konsumsi Kafein
Cegah Terjadinya Diabetes Tipe 2 Dengan Konsumsi Kafein

Pada sebuah penelitian di Amerika para peneliti menemukan adanya hubungan antara tingginya konsumsi kopi berkafein dan kopi tanpa kafein dengan penurunan resiko terjadinya diabetes tipe 2, baik pada pria maupun wanita.

Pada penelitian ini, para peneliti mengamati sekitar 1.109.272 orang yang beresiko menderita diabetes tipe 2 dengan selang waktu yang berbeda-beda, mulai dari 10 bulan hingga 20 tahun.

Para peneliti kemudian menemukan bahwa para peserta penelitian yang mengkonsumsi 6 gelas kopi (baik berkafein maupun tidak mengandung kafein) mengalami penurunan resiko terjadinya diabetes tipe 2 hingga 33%.

Para peneliti juga menemukan bahwa orang yang mengkonsumsi 1 gelas kopi setiap harinya baik yang mengandung kafein maupun tidak mengandung kafein juga mengalami penurunan resiko terjadinya diabetes tipe 2, walaupun tidak cukup signifikan, di mana orang yang mengkonsumsi kopi berkafein mengalami penurunan resiko terjadinya diabetes tipe 2 hingga 9%, sedangkan orang yang mengkonsumsi kopi tanpa kafein mengalami penurunan resiko diabetes tipe 2 yang lebih kecil yaitu hanya sekitar 6%.

Akan tetapi, saat para peneliti membandingkan penurunan resiko ini dengan orang yang tidak pernah atau jarang mengkonsumsi kopi, maka penurunan resiko terjadinya diabetes tipe 2 pun menjadi cukup signifikan.

 

Editor Dokter.id
Jan 14  -  1 min read