Your browser does not support JavaScript!
Cara Menjaga Kesehatan Mulut Selama Hamil
Cara Menjaga Kesehatan Mulut Selama Hamil

Menjadi seorang ibu merupakan hal yang menggembirakan bagi orang tua. Untuk itu Anda sebagai seorang ibu tentu akan selalu menjaga kesehatan tubuh Anda, tidak terkecuali masalah kesehatan mulut. Ada banyak mitos yang ada selama kehamilan mengenai perawatan gigi. Seperti kekhawatiran apakah perawatan gigi, menggunakan sinar x untuk foto gigi Anda apakah hal ini dapat mengganggu kesehatan janin.

Seperti kita ketahui, dari daerah mulut dapat berpengaruh pada kesehatan secara umum. Sekarang kita menyadari penyakit jantung mungkin memiliki hubungan langsung dengan penyakit gusi dan sebuah penelitian melaporkan kesehatan mulut yang buruk meningkatkan risiko terjadinya masalah kehamilan termasuk keguguran.

Berikut adalah Pedoman Untuk Perawatan gigi Selama Kehamilan dari American Dental Association:

  • Untuk mencegah penularan bakteri mulut dari ibu ke bayi selama kehamilan, jangan menunda pengobatan yang dibutuhkan.
  • Sering muntah (dikenal sebagai 'morning sickness') dapat meningkatkan risiko erosi gigi. Hal ini dapat dikurangi dengan mengonsumsi makanan ringan yang sehat yang tinggi protein, seperti keju, sepanjang hari. Pastikan untuk berkumur setelah muntah dengan satu sendok teh baking soda dalam secangkir air. Menyikat gigi setelah muntah dapat memperburuk erosi.
  • Sikat gigi Anda pagi dan sebelum tidur, dan floss setiap hari.
  • Menyikat gigi dengan pasta gigi yang mengandung xylitol untuk menjaga kesehatan mulut Anda
  • Lakukan pemeriksaan gigi secara teratur seperti yang direkomendasikan oleh dokter gigi.
  • Apabila memang Anda memerlukan untuk dilakukan pemeriksaan rontgen pada jaman modern ini, paparan radiasi sangat rendah. Hal ini juga akan dilakukan apabila memang ada indikasi dilakukan.

Sumber: totalhealthmagazine

Editor Dokter.id
Feb 10  -  2 min read