Your browser does not support JavaScript!
Cara Mencegah Terjadinya Infeksi Vagina
Cara Mencegah Terjadinya Infeksi Vagina

Ribuan wanita mengalami permasalahan pada daerah vagina seperti infeksi vagina. Infeksi vagina menimbulkan gejala seperti gatal, rasa terbakar, cairan yang keluar berwarna dan bau. Hal ini tentu akan mengganggu dan membuat keadaan menjadi tidak nyaman.

Berikut adalah cara untuk mencegah terjadinya infeksi pada vagina:

  • Konsumsi yogurt

Dengan mengkonsumsi yogurt yang berisi lactobacillus acidophilus hidup, bakteri probiotik yang baik. Probiotik mempertahankan flora normal di daerah vagina

  • Bawang putih

Makan satu siung bawang putih setiap hari. Anda dapat memotong dan menambahkan bawang putih ke dalam sup, salad ataupun makanan lainnya. Bawang putih mempunyai sifat antijamur dan berfungsi untuk menyembuhkan dan mencegah infeksi vagina.

  • Konsumsi vitamin C dan E

Dengan mengkonsumsi vitamin C dan vitamin E. Kedua vitamin tersebut akan membantu reaksi peradangan dan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit.
Konsumsi suplemen kalsium dan magnesium. Sebuah penelitian mengatakan wanita yang mengalami infeksi pada vagina dapat disebabkan karena kekurangan kadar kalsium dan magnesium dalam tubuh.

  • Kurangi jumlah lemak hewani

Kurang konsumsi jumlah lemak hewani dan tingkatkan konsumsi asam lemak esensial yang banyak ditemukan pada ikan dan kacang-kacangan untuk mengurangi peradangan dan pembengkakan jaringan.

  • Gunakan pakaian dalam yang tepat

Selalu perhatikan kebersihan daerah vagina agar bersih dan tidak lembab. Gunakan pakaian dalam yang berasal dari kain katun. Setelah buang air kecil usahakan agar mengeringkan daerah vagina Anda gunakan tissue yang bersih dengan cara usap dari bagian depan baru bagian belakang.
Minimalkan terjadinya infeksi pada vagina dengan menghindari terjadinya iritasi, seperti:

  • Gesekan.

Bisa disebakan karena celana atau pakaian dalam yang tidak sesuai dan terlalu ketat. Aktivitas seksual yang agresif dan terlalu berlebihan.Naik sepeda terlalu lama.

  • Hindari penggunaan tampon, pembalut, kertas toilet dan produk lain yang memiliki pewarna buatan dan mengandung parfum
  • Hindari melakukan hubungan seksual

Hindari melakukan hubungan seksual saat Anda memiliki infeksi vagina. Beberapa infeksi pada vagina dapat menular. Gunakan kondom saat akan berhubungan.


Sumber: wikihow

Baca juga: Keram Vagina, Ganggu Kehidupan Seks Anda!

Ingin tahu informasi lebih lanjut mengenai topik ini? Tanya langsung ke dokter Kami di fitur Tanya dokter sekarang

Jul 19  -  3 min read