Your browser does not support JavaScript!
Cara Mencegah Penderita Skizofrenia Melakukan Tindakan Bunuh Diri
Cara Mencegah Penderita Skizofrenia Melakukan Tindakan Bunuh Diri

Para peneliti telah menemukan beberapa faktor resiko penting yang membuat seorang penderita skizofrenia melakukan tindakan bunuh diri, akan tetapi mungkin agak sulit bagi Anda untuk mengenali beberapa tanda awal bahwa seorang penderita skizofrenia akan melakukan tindakan bunuh diri.

Seorang penderita skizofrenia memiliki resiko melakukan tindakan bunuh diri yang lebih tinggi saat ia baru saja keluar dari rumah sakit. Hal ini dikarenakan para penderita skizofrenia seringkali menganggap rumah sakit merupakan suatu tempat aman baginya dan semua pekerja di rumah sakit merupakan orang-orang penting dalam kehidupannya. Oleh karena itu, saat akhirnya mereka diperbolehkan keluar dari rumah sakit, mereka seringkali merasa putus asa.

Selain itu, resiko terjadinya tindakan atau usaha bunuh diri juga lebih tinggi pada seorang penderita skizofrenia yang mulai menyadari bahwa mereka sakit dan bahwa penyakit yang mereka derita merupakan suatu penyakit berat.

Hal ini terutama terjadi pada seorang penderita skizofrenia yang masih muda, yang memiliki kehidupan yang aktif sebelumnya, yang membuat mereka menyadari apa saja yang harus mereka korbankan atau kehilangan apa saja yang akan ia alami karena penyakitnya tersebut. Perasaan ini dapat membuat mereka merasa putus asa, tidak berdaya, dan akhirnya enggan hidup.

Untuk mengetahui apakah seorang penderita skizofrenia beresiko melakukan tindakan bunuh diri, maka dokter dan anggota keluarga harus lebih perhatian dan sensitive terhadap perasaan dan perilaku penderita. 

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa cara paling efektif untuk mencegah terjadinya tindakan bunuh diri pada seorang penderita skizofrenia adalah dengan mengkombinasikan beberapa terapi seperti:

  • Pengobatan untuk mengatasi berbagai gejala gangguan depresi
  • Meningkatkan kepatuhan penderita untuk mengkonsumsi berbagai obat-obatan yang diperlukan dan melakukan berbagai terapi yang diperlukan
  • Meningkatkan perhatian dan kewaspadaan pada para penderita skizofrenia yang memang memiliki beberapa faktor resiko untuk melakukan tindakan bunuh diri, terutama pada para penderita yang telah kehilangan berbagai hal dalam hidupnya karena penyakitnya tersebut

 

 

Sumber: webmd

Editor Dokter.id
Oct 03  -  2 min read